Share

Dear Traveler, Ini 4 Kode dan Makna Suara Mesin Pesawat yang Berisik!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 406 2680435 dear-traveler-ini-4-kode-dan-makna-suara-mesin-pesawat-yang-berisik-IwyeLd6uLj.jpg Pesawat Qantas (Foto: Bloomberg)

MENGULAS alasan kenapa suara mesin pesawat berisik. Saat menaiki pesawat para penumpang kerap kali mendengar suara-suara bising dari mesin pesawat.

Baik itu suara dentuman, embusan udara, bahkan suara seperti baling-baling berputar. Perlu diketahui, ternyata suara tersebut memiliki makna dan penjelasan di baliknya.

Melansir dari Reader’s Digest, terdapat beberapa suara mesin pesawat yang memiliki makna masing-masing.

1. Kepulan udara saat naik

Sebelum lepas landas, suara pertama yang akan didengar saat terbang adalah deru udara yang datang dari dalam pesawat. Suara ini terjadi saat sistem ventilasi pesawat beralih dari sistem luar ke sistem di dalam pesawat.

2. Dua dentuman dan deru bernada tinggi tepat selepas landas

Saat pesawat terangkat dari tanah, pilot akan menarik roda ke dalam badan pesawat dan menutup penutup di belakangnya secara satu per satu.

Deru itu berasal dari pilot yang menarik sayap yang diperlukan untuk menaikkan pesawat dari tanah. Kedua tindakan tersebut merupakan bagian dari proses “membersihkan pesawat” agar dapat diterbangkan.

3. Suara gemuruh saat mendarat

Saat pesawat mulai turun atau landing, suara bising mesin akan berkurang lantaran tidak lagi berakselerasi. Untuk memperlambat laju pesawat agar bisa mendarat dengan aman, maka papan panjang di sayap yang terangkat.

Hal ini untuk meningkatkan drag akan diaktifkan. Saat diaktifkan, penumpang di dalam kabin akan mendengar suara gemuruh dan merasakan getaran.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Memutar mesin saat mendarat

Begitu pesawat mendarat di daratan, terdengar seperti mesin berputar untuk lepas landas. Saat kondisi ini, kapten akan membalikkan dorongan mesin untuk membantu memperlambat pesawat.

Ketika ini terjadi, penumpang akan mendengar suara mesin yang keras dan merasa terdorong ke depan di kursi lantaran adanya deselerasi yang cepat.

Ilustrasi

Demikian kode dan makna yang menjadi alasan kenapa suara mesin pesawat berisik baik saat lepas landas hingga landing yang wajib diketahui para traveler.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini