Share

Berlian Pink Paling Langka di Dunia Dilelang, Ada yang Berminat?

Nurul Fitriyah, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2022 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 406 2680649 berlian-pink-paling-langka-di-dunia-dilelang-ada-yang-berminat-QDZCBtIoBL.JPG Berlian Pink Star yang dipajang di ruang lelang Sotheby's di Hong Kong (Foto: AP via VOA)

SALAH satu berlian merah muda atau pink yang paling didambakan di dunia sedang dilelang di Hong Kong. Berlian 11 karat itu diperkirakan laku jutaan dolar.

Batu mulia ini seukuran telur burung yang kecil. Tidak heran kalau berlian ini disebut Fancy Vivid Pink Star atau Bintang Merah Muda yang Cerah karena cahaya berkilau dan menari di sekitarnya.

Melansir dari laporan VOA, Selasa (4/10/2022), berlian itu diperkirakan akan terjual lebih dari $21 juta di rumah lelang Sotheby's di Hong Kong. Berlian 11,15 karat yang langka itu dari Tambang Williamson di Mwadui, Tanzania, tempat berlian itu ditemukan.

Tambang itu merupakan salah satu yang tertua di dunia dan terkenal menghasilkan berlian merah muda jenuh, menurut Sotheby's. Rumah lelang itu mengatakan merah muda adalah salah satu warna paling langka yang muncul secara alami pada berlian.

Hanya proporsi terkecil dari jumlah sangat kecil yang diklasifikasi sebagai merah muda, dan hanya yang cukup kuat yang akan diklasifikasikan sebagai 'Fancy Vivid Pink'.

Ukuran Fancy Vivid Pink umumnya relatif kecil, kurang dari 10 karat. Jadi, berlian yang akan dilelang ini dianggap langka.

Fancy Vivid Pink Star dari Williamson ini adalah berlian merah muda terbesar kedua dengan kejernihan internal tanpa cacat yang pernah ditawarkan untuk dijual dalam lelang, menurut Sotheby's.

Fancy Vivid Pink ini pertama kali diluncurkan di London dan tur di Dubai, Singapura, Taipei sebelum tiba di Hong Kong di mana ia akan menjadi pusat lelang khusus tunggal pada 7 Oktober 2022.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Berlian sangat populer di Asia, menurut Regine Ngan, Direktur Asia dan Kepala Departemen Perhiasan Sotheby's.

"Berlian merah muda sudah sangat langka, dan terutama Berlian Merah Muda Williamson. Ini adalah kejadian yang sangat langka. Ini adalah Fancy Vivid Pink terbesar, di atas 10 karat, yang pernah dilelang," katanya.

Yang terbesar adalah berlian merah muda tanpa cacat 59,60 karat. Berasal dari tambang yang sama, berlian itu dilelang pada 2017.

Ilustrasi

Menurut Ngan, balai lelang itu mengharapkan beberapa klien penting yang menawar dari Asia.

"Mayoritas kolektor yang sangat penting sebenarnya berasal dari Asia. Jadi, kami sangat senang berlian ini ada di sini. Dan ini adalah balai lelang yang sangat menonjol di mana banyak Fancy Vivid Pinks besar telah dilelang. Juga pink, adalah warna yang disenangi perempuan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini