Share

10 Oleh-Oleh Khas Malang Paling Diburu Pelancong, Keripik Buah hingga Pia Mangkok

Andini Putri Nurazizah, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2022 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 549 2680184 10-oleh-oleh-khas-malang-paling-diburu-pelancong-keripik-buah-hingga-pia-mangkok-0SsN7RDeoQ.JPG Kue bolu lapis Malang (Foto: Instagram/@lapistugumalang)

MENGUNJUNGI tempat wisata tak afdhol rasanya jika tidak membawa oleh-oleh. Dari sekian banyaknya tempat wisata di Indonesia, Malang menjadi tempat wisata yang terkenal dengan oleh-olehnya, adalah apel malang.

Dengan harga yang terjangkau apel malang seringkali menjadi pilihan utama para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh bagi sanak saudara. Kalau kalian ingin membeli apel malang, kalian harus kenali dulu ya jenis dari apel tersebut.

Jenis yang pertama ada apel manalagi, jenis ini memiliki ciri bulat serta berwarna hijau dengan cita rasa manis dan segar. Dan jenis yang kedua ada apel ana, pada jenis ini memiliki ciri sedikit lonjong, berwarna hijau dengan semburat warna merah, serta cita rasa sedikit asam yang khas.

Selain terkenal dengan apel malang, kota Malang juga memiliki oleh-oleh yang wajib kalian bawa pulang lho. Berikut Okezone rangkumkan 10 oleh-oleh hits khas Malang paling diburu pelancong:

Keripik Buah

Ternyata Malang memang identik dengan oleh-oleh buah ya, nyatanya buah pun dapat diolah menjadi keripik. Buah-buah tersebut mulai dari apel, nangka, salak, kelengkeng, rambutan, hingga semangka. Kalau soal rasa jangan ditanya deh, tidak berbeda jauh dari buah yang asli. Keripik buah juga sudah banyak ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh khas Malang, jangan sampai lupa untuk bawa pulang ya.

Keripik Buah Malang

(Foto: Instagram/@kripik_malang)

Malang Strudel

Namanya masih terdengar asing ya? strudel sendiri adalah kue pastry yang dibuat berlapis-lapis dengan isian buah. Strudel memiliki beragam varian yang wajib banget nih kalian bawa pulang, mulai dari apel, strawberry, dan pisang. Buat yang penasaran dengan rasanya, wajib dicoba ya!

Queen Apple

Nah kalo yang satu ini merupakan bisnis kue milik chef terkenal Indonesia, Farah Quinn. Dengan buah apel malang sebagai bahan utamanya, kue ini mempunyai dua varian, ada bolu dan strudel.

Varian rasanya juga banyak lho, untuk kue bolu ada rasa cinnamon, cheese, chocolate, vanilla, manggo, durian, kurma, jackfruit, milk, vla, almond, raisins, dan pineapple. Wah banyak banget ya, bisa banget nih buat kalian yang menyukai kue.

Pia Mangkok

(Foto: piamangkok.com)

Pia Mangkok

Kue pia memang makanan khas Jogja ya, tapi Malang juga punya lho. Adalah pia mangkok menjadi makanan khas Malang yang gak boleh kamu lewatkan. Untuk varian rasa dari pia mangkok, mulai dari durian, cokelat, kacang hijau, dan keju. Wah jadi penasaran kan rasanya seperti apa?

Jenang Apel

Jenang apel merupakan olahan dodol yang terbuat dari apel. Walaupun dodol ada dimana-mana, jenang apel memiliki cita rasa yang khas lho. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis dan legit khas jenang, ditambah dengan sensasi rasa apel didalamnya. Mantap deh pokoknya!

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Malang Carang Mas

Bagi yang belum tahu, malang carang adalah makanan berbahan dasar ubi jalar dan gula aren. Bentuknya unik lho, menyerupai mie dan memiliki cita rasa manis dan legit. Enak deh pokoknya! jajanan ini juga wajib banget kamu bawa pulang ya.

Lapis Malang

Walaupun namanya lapis malang, bukan berarti kue lapis yang biasa kita temua ya. kue ini merupakan jenis bolu yang dikukus atau dibakar dengan berbagai toping.

Nah kata lapis berasal dari bentuk rotinya yang berlapis-lapis dan berbeda warna menjadi ciri khasnya. Terdapat macam varian rasa juga lho, mulai dari cokelat, keju, hingga original. Cita rasa manis dipadu dengan tekstur legit, dan empuk. Wah gak kebayang ya rasanya seenak apa!

Sari Apel

Nah kalau dari tadi kita membahas tentang makanan, minuman yang satu ini juga gak boleh kalian lewatkan dari oleh-oleh yang lain ya. Sari apel ini terbuat dari apel-apel khas Malang, yang dijual dalam kemasan cup atau botol. Cita rasanya pun gak beda jauh dari rasa apel asli lho. Minuman ini juga dapat dengan mudah kamu temukan di pusat oleh-oleh Malang.

Sari Apel

(Foto: Instagram/@brosemsariapel)

Keramik Dinoyo

Setelah makanan dan minuman, kini giliran keramik yang bisa kalian jadikan pilihan. Adalah keramik dinoyo menjadi oleh-oleh khas Malang, yang menawarkan berbagai jenis keramik, mulai dari mug, teko set, hiasan rak, vas bunga, hingga guci.

Bukan hanya sekadar toko, disana juga terdapat deretan galeri keramik yang dibuat oleh para pengrajin. Nah yang lebih menarik lagi, kalian juga bisa membuat langsung keramik kalian sendiri lho disana.

Kaus Malang

Selain keramik, kaos Malang juga menjadi incaran wisatawan untuk oleh-oleh. Adalah soak Ngalam, namanya unik ya, sesuai dengan namanya kaos tersebut bertuliskan soak Ngalam, yang artinya 'bahasa gaulnya warga malang'. Cocok banget bagi kamu yang mencari oleh-oleh dengan harga terjangkau. Tapi tenang saja, walaupun harga terjangkau, material dari kain tersebut tergolong nyaman lho.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini