Share

Heboh Lift Non Halal di Hotel, Apa Fungsinya?

Dita Mawanda, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2022 22:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 406 2682153 heboh-lift-non-halal-di-hotel-apa-fungsinya-tkTKbNKxmH.jpeg Tulisan Non Halal di lift hotel di Malaysia (Instagram Siti Kassim via The Star)

SEBUAH hotel ternama di Kuala Lumpur, Malaysia memasang tanda “non-halal” di salah satu liftnya dan sempat viral di media sosial. Karuan saja hotel tersebut menuai kecaman. Salah satunya datang dari Siti Kassim, pengacara sekaligus aktivis sosial.

Hotel itu mendapat kecaman setelah Siti Kassim memposting gambar "lift non-halal" di media sosial dan mempertanyakan alasan di baliknya.

Seorang juru bicara hotel menjelaskan bahwa mereka harus memiliki lift "halal" dan "non-halal" untuk pergerakan barang dan barang yang mudah rusak.

“Itu bagian dari persyaratan sertifikasi halal. Sejak itu kami telah menulis ulang papan nama kami untuk pemahaman yang lebih jelas, ” kata juru bicara itu seperti dilansir dari The Star, Kamis (6/10/2022).

Sementara, Siti Kassim beranggapan jika pihak hotel harus berani mempertanyakan penerapan aturan terkait kepada Departemen Pembangunan Islam Malaysia (Jakim).

Siti mempertanyakan alasan di balik lift yang terpisah, dan beberapa pertanyaan lain yang menjadi pertanyaan di pikirannya.

“Tempat usaha harus mematuhi banyak aturan untuk mendapatkan sertifikasi halal, tetapi mereka juga harus berani dan bertanya. Berjuang secara legal,” ungkap Siti.

Lebih lanjut, Siti juga menanggapi jika ia terkadang menyalahkan orang-orang yang hanya mengiyakan aturan yang diberikan tanpa sekali pun berusaha mempertanyakan alasannya.

The Star melaporkan, jika Jakim belum memberikan tanggapan terkait masalah yang terjadi. Banyak pula masyarakat di Malaysia merasa kesal dengan situasi ini, terlebih ada juga yang menyoroti bahan baku yang dibawa melalui lift pun tidak menyentuh lantai atau dinding, dikemas dengan benar.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Peristiwa ini, nyatanya bukan kali pertama isu “pengangkatan non-halal” muncul di Malaysia, pada tahun 2013 kejadian yang sama dirasakan oleh hotel di Petaling Jaya.

Hotel tersebut membuat sebuah papan nama di samping tiga lift yang tertulis “Lift ini hanya untuk mengangkut barang-barang halal. Untuk barang-barang non-halal, silakan menggunakan tangga.”

Ilustrasi

Hotel yang tidak ingin mengusir penyewa lama restoran Cina itu pun, mematuhi aturan Jakim terkait pengangkutan makanan non-halal sebagai bagian dari persyaratan perizinananya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini