Share

Begini Desain Kabin Pesawat Masa Depan, Simak 9 Sisi Perubahannya

Sri Latifah Nasution, Jurnalis · Sabtu 08 Oktober 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 406 2682189 begini-desain-kabin-pesawat-masa-depan-simak-9-sisi-perubahannya-WYVTVZIL47.JPG Gambar proyeksi langit-langit kabin pesawat masa depan (Collins Aerospace via Independent)

KABIN pesawat selalu berubah terutama untuk jangka panjang. Dalam beberapa bulan terakhir saja ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh maskapai penerbangan untuk meningkatkan sistem pelayanannya. Misalnya New Zealand Air yang menyediakan tempat tidur susun untuk penumpang kelas ekonomi.

Ada juga Finnair yang memikirkan perubahan kursi kelas bisnis menjadi kursi lounge, serta Virgin Atlantis yang meluncurkan kabin A330neo, dengan kelas Retreat Suite, yang memungkinkan penumpang bisa mengubah kursi sesuai kenyamanan mereka.

Namun, bukan hanya itu, ada beberapa inovasi kabin terbaru yang lebih cerdas, lebih aman, dan lebih nyaman.

Melansir dari Independent, Jumat (6/10/2022), berikut beberapa inovasi terbaru dalam desain kabin pesawat untuk masa depan.

Hiburan wireless

Dalam beberapa hal, sangat disayangkan bahwa teknologi yang tampaknya universal ini baru saja hadir di sistem hiburan dalam pesawat (IFE).

“Infrastruktur untuk barang-barang digital di dalam pesawat sangat tertinggal, Anda tahu, kami baru saja menemukan cara membuat headphone Bluetooth,” kata David kondo, kepala desain produk maskapai Finnair.

Ilustrasi

Ilustrasi (Unsplash)

Nantinya A330neo baru miliki Virgin akan dilengkapi dengan sandaran kursi yang dapat Anda sambungkan sendiri. Sementara itu, Dreamliner Qatar sudah memiliki fungsi tersebut, dan maskapai United Airline juga memilikinya di beberapa penerbangan.

Teknologi pemeriksaan penumpang

Sabuk pengaman ‘pintar’ yang diperlihatkan di Pameran Interior Pesawat 2022 akan ditambahkan dalam kursi pesawat Anda. Sabuk ‘pintar’ tersebut dapat memberi tahu awak kabin tentang siapa yang terikat sabuk pengaman dan siapa yang tidak.

TAP Portugal telah menguji coba seluruh ‘kursi pintar’ oleh produsen teknologi Recaro pada tahun 2019. Berdasarkan pengujian tersebut, ‘kursi pintar’ dapat memberi umpan balik tentang perilaku penumpang dan data ke kru, misalnya penumpang yang berdiri, ketika tidak seharusnya mereka berdiri. Semua perilaku penumpang dapat dilihat dari tablet di bagian depan kabin.

Selain itu, menurut Recaro, pengaturan kursi, pencahayaan, dan suhu juga dapat dikontrol dan disimpan secara individual dari smartphone atau tablet.

Kursi yang ‘mengenal Anda’

Wakil presiden Virgin, Anthony Woodman mengatakan bahwa ini mungkin memberikan hiburan dalam penerbangan yang dipersonalisasi, merekomendasikan beberapa hal untuk Anda, seperti film apa yang harus Anda tonton.

Jika Anda mengalami penundaan pada penerbangan lanjutan, layar sandaran kursi Anda mungkin akan memperingatkan Anda, atau mengizinkan Anda untuk memesan atau mengganti kursi berikutnya.

Dinding kabin dari resin tebu

Salah satu bidang inovasi utama adalah material yang lebih ringan untuk dinding kabin. Pesawat yang lebih ringan berarti pembakaran menjadi lebih sedikit. Beberapa perusahaan teknik sedang bereksperimen dengan membangun dinding kabin dan sekat dengan resin yang berasal dari tebu, alkohol polifurfuril (PFA).

Ini tidak hanya lebih ringan, tetapi lebih berkelanjutan daripada investor pesawat saat ini, yang membuatnya dari material panel sandwich fenolik.

Alga juga dianggap sebagai dasar untuk membuat panel pesawat yang fleksibel dan ringan, tetapi pengembangan untuk membuat keduanya aman untuk penerbangan komersial bisa memakan waktu puluhan tahun.

Follow Berita Okezone di Google News

Pemanas di bawah lantai

Kondo memberitahu bahwa Finnair sudah memiliki sistem ini di beberapa pesawat, meskipun hanya di area dapur dan kru. Lufthansa Technik mengatakan di Aircraft Interiors Expo tahun ini, mereka telah menandatangani kesepakatan untuk menyediakan sistem pemanas di bawah lantai HeatNOW kepada Concor pada armada A320 miliknya.

Kulkas mini pribadi

Collins Aerospace telah memenangkan penghargaan Crystal Cabin untuk desain SpaceChiller mereka, pada bulan Juni, menjadi yang pertama dalam kenyamanan penumpang.

“Teknologi baru ini mendinginkan kompartemen ke suhu yang aman untuk makanan tanpa menggunakan pendingin yang berpengaruh terhadap pemanasan global, mengurangi konsumsi daya hingga 50 persen melalui sistem termoelektrik alternatif dan dapat dimanfaatkan di berbagai area layanan.”

Kursi yang ditumpuk diagonal

Cara lainnya untuk desainer kabin, kata Kondo, adalah membangun ruang vertikal pesawat, yaitu ruangan di atas dan di bawah tempat duduk Anda.

Proyek kursi ekonomi Chaise Lounge, baru-baru ini menjadi viral, menunjukkan beberapa tempat duduk yang lebih tinggi dan beberapa tempat duduk yang lain lebih rendah, ditumpuk diagonal di atas satu sama lain. Ini juga akan memerlukan ruang pemindahan bagasi di atas kepala Anda.

Ilustrasi

Sementara itu, paten yang diajukan oleh Airbus pada tahun 2015 menunjukkan konfigurasi serupa, pada dasarnya, bagian belakang baris yang terangkat tepat di depan dahi Anda.

Kursi yang bisa mengambang

Kondo mengatakan, salah satu tugas utama saat mendesain kursi AirLounge FinnAir adalah memberi penumpang lebih banyak ruang untuk bergerak, dan merasa nyaman. Shell yang lebar dan panel pull-up ditujukan untuk membuat Anda nyaman dalam posisi yang paling normal, lebih seperti sofa daripada kursi dokter gigi.

Desainer lain di Studio Perancis Style & Design, mengatakan bahwa menghindari bagian tubuh yang sama bertumpu pada tempat yang sama di kursi pesawat adalah kunci kenyamanan jarak jauh.

Sementara itu, studio desain Amerika, Teague, telah menciptakan kursi pesawat yang bisa mengambang. Ini menghilangkan mekanisme bawah kursi yang berat dan memungkinkan layar hiburan dipasang ke dinding kabin sebagai gantinya.

Gambar proyeksi pada langit-langit pesawat

Inovasi lain yang sedikit lebih aneh adalah menggunakan proyeksi gambar yang menenangkan di langit-langit pesawat komersial.

Collins Aerospace telah mengungkapkan desain ‘Secant Luminous Panel’ yang dapat mengubah panel interior pesawat apa pun menjadi tampilan layar yang terang. Panel tersebut dapat digunakan untuk apa saja, mulai dari iklan bermerek hingga informasi kursi yang dipersonalisasi.

Maskapai penerbangan lain menciptakan desain suasana santai dengan gambar animasi bergerak dari langit malam berbintang, langit biru dengan awan, atau sekedar warna dan lampu yang meningkatkan suasana hati.

Boeing meluncurkan paten untuk langit-langit pesawat yang diterangi proyeksi serupa pada tahun 2016.

“Secara teori, maskapai penerbangan dapat menggunakan peningkatan pencahayaan di dinding dan sekat untuk menampilkan informasi tentang tujuan atau memproyeksikan pemandangan yang membuat penumpang memikirkan ke mana mereka pergi,” kata juru bicara Boeing kepada Quartz.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini