Share

Viral Penampakan Sayap Pesawat Dilakban Bikin Ngeri, Berbahayakah untuk Penerbangan?

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Sabtu 08 Oktober 2022 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 406 2682402 viral-penampakan-sayap-pesawat-dilakban-bikin-ngeri-berbahayakah-untuk-penerbangan-dmKZZbvSH3.JPG Viral foto sayap pesawat penuh dengan lakban (Foto: The Sun)

FOTO sayap pesawat dilapisi lakban bikin heboh warganet belum lama ini. Foto sayap pesawat dilakban itu pertama kali dibagikan di Twitter oleh penyanyi David Wakeham. Terlihat sayap pesawat Qantas dilapisi lakban berwarna perak.

Prihatin dengan kondisi maskapai Australia itu, David lantas memberi keterangan pada gambar; "Pilih maskapai favorit Anda dengan bijak. @Qantas sebelum keselamatan terancam," tulisnya.

Namun dalam pemeriksaan fakta ABC’s, ahli yang melihat foto tersebut memastikan tak ada yang perlu dikhawatirkan. Dijelaskan bahwa itu adalah 'pita kecepatan' yang sering digunakan untuk menyembunyikan kerusakan cat akibat sinar ultraviolet.

Dikatakan ABC’s pita fotografi, yang dikenal sebagai pita kecepatan, digunakan secara teratur dalam industri penerbangan, dan dalam kasus ini diterapkan untuk menutupi pengelupasan cat.

Infografis Bagian Pesawat yang Terlarang Didekati

Cat terkelupas bukanlah masalah teknis, tetapi masalah estetika. Seorang juru bicara Boeing mengatakan kepada publikasi industri penerbangan Simple Flying. "Ini hanya masalah tampilan," katanya.

Ini bukan pertama kalinya pita kecepatan membuat penumpang gelisah, dengan seorang pekerja bandara yang membagikan rekaman lakban (pita kecepatan) di TikTok awal tahun ini.

Pengguna TikTok bertanya "Apakah penumpang lainnya terus memerhatikan?"

Namun, pengguna dengan cepat menunjukkan bahwa itu adalah pita kecepatan yang digunakan untuk perbaikan kecil pada pesawat.

Satu orang berkata: “Menghentikan korosi dengan selotip lebih murah daripada mengecat ulang sepenuhnya. Sayap dan body work menekuk dan mengecat retakan dan keripik,”

Follow Berita Okezone di Google News

Yang lainnya mengungkapkan bahwa; “Sebagian besar bagian ini tidak struktural dan hanya menahan bagian yang membuat pesawat lebih aerodinamis. Hal yang sama berlaku untuk sekrup dan baut yang hilang,”

Lakban ituterbuat dari perekat silikon atau akrilik yang dipadukan dengan kain dan alas aluminium, membuatnya tidak hanya sangat lengket, tetapi juga sangat tahan lama. Tak hanya itu, lakban kecepatan tahan suhu dari -54°C hingga 149°C dan tahan api dan air.

"Perbaikan tertentu disetujui oleh FAA dan departemen teknik perusahaan, tetapi hanya bersifat sementara." Menurut mekanik pesawat.

Menurut One Mile at a Time, penggunaan lakban kecepatan mengurangi penundaan penerbangan jangka panjang, karena maskapai dapat memerbaiki masalah kecil ini dengan cepat sebelum perbaikan yang lebih luas diperlukan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini