Share

Catat! 10 Tips Traveling Agar Tetap Sehat dan Segar saat Menikmati Liburan

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 09 Oktober 2022 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 406 2682800 catat-10-tips-traveling-agar-tetap-sehat-dan-segar-saat-menikmati-liburan-0s4735lmO7.jpg Ilustrasi traveling (Canrstock)

ADA 10 tips traveling yang harus diperhatikan agar tetap sehat dan segar saat menikmati liburan. Kesehatan memang faktor penting untuk menikmati segala hal termasuk berwisata. Makanya saat traveling penting menjaga tubuh tetap fit.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan agar liburan Anda tetap sehat dan juga menyenangkan? Simak 10 tips berikut ini.

1. Perbanyak Minum

Ketika traveling biasanya cairan dalam tubuh akan mudah terkuras, dan akibatnya menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan. Akibatnya tak hanya tenggorokan kering, tapi bisa jadi lemas, bahkan tidak bergairah. Oleh karena itu perbanyak minum air putih.

 BACA JUGA:8 Tips Traveling Berkelompok, Liburan Jadi Nyaman Enggak Bikin Kantong Jebol

Jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka organ penting di badan berfungsi dengan baik dan konsentrasi tetap terjaga.

2. Jangan Telat Makan

Saking asyiknya liburan, terkadang sebagian orang malah lupa atau telat makan. Misalnya tidak sarapan, padahal hal ini adalah sesuatu penting agar lambung tetap terjaga selama beraktivitas.

Saat liburan, Anda bisa mengonsumsi makan-makanan yang mudah dicerna atau dibawa kemanapun. Contohnya roti, Anda bisa memakannya saat sarapan serta mengganjal perut saat lapar.

3. Sedia Vitamin dan Obat-obatan

Selanjutnya jangan lupa membawa persediaan vitamin dan obat-obatan pribadi. Ketika pergi liburan pun, tubuh Anda tetap membutuhkan kedua doping tersebut. Namun sebagian malah ada yang sering mengabaikannya. Padahal selain mental, kesehatan tubuh juga sangat penting.

Disarankan untuk mengonsumsi vitamin, agar tidak mudah terserang penyakit dan menjaga daya tahan tubuh Anda dari segala cuaca. Kemudian untuk obat-obatan, jika Anda merasa kurang enak badan, bisa langsung meminumnya.

 Ilustrasi

4. Bawa Pakaian Pelindung

Membawa pakaian pelindung juga sangat penting, lho. Misalnya, ketika musim hujan tiba maka yang dibutuhkan adalah jaket, sweater, payung hingga jas hujan.

Sementara itu saat udara sedang panas, sebaiknya membawa topi, sunscreen, payung agar tidak mudah terbakar sinar matahari.

5. Istirahat Cukup

Liburan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu, apalagi ketika rutinitas padat membuat Anda mudah stres. Namun ketika berlibur pun jangan lupa istirahat cukup.

 BACA JUGA:Mau Traveling? Simak Cara Berburu Tiket Pesawat Murah dengan Google Flights

Perlu diingat juga, tidur yang cukup sangatlah penting karena tubuh butuh rehat dan jangan memaksakan begadang jika sudah benar-benar lelah.

6. Jangan Jajan Sembarangan

 

Pergi ke suatu tempat, pasti Anda tidak akan melewatkan menikmati aneka kuliner khasnya.

Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai kalap atau jajan sembarangan, karena ini akan berpengaruh terhadap tubuh Anda. Alih-alih ingin makan enak, malah jatuh sakit.

Follow Berita Okezone di Google News

7. Pilih Tempat Menginap yang Bersih

 

Pentingnya memilih tempat menginap yang sudah terverifikasi kenyamanan, keamanan dan kebersihannya. Sebab tempat yang nantinya akan disinggahi, juga akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan Anda.

Kemenparekraf menyarankan agar wisatawan memilih tempat penginapan yang sudah standar CHSE yaitu Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

8. Pakai Masker

Masih dalam waspada penularan dan penyebaran Covid-19, hampir di seluruh destinasi wisata masih mewajibkan untuk tetap memakai masker selama berwisata. Terlebih jika lokasi yang dikunjungi adalah tempat berkerumun.

9. Cuci Tangan dan Sedia Hand Sanitizer

Tak lupa juga rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, agar tangan Anda tetap steril dan menghindari menyentuh virus dan kuman-kuman yang jadi sumber penyakit.

 

Khususnya ketika akan makan, wajib membersihkan dulu tangan Anda supaya hidangan yang disantap tetap steril dan juga bersih.

10. Cek Kesehatan Sebelum Pergi Liburan

Nah terakhir, bagi yang memiliki riwayat penyakit tertentu maka sebaiknya cek kesehatan lebih dulu. Apakah aman bepergian saat liburan, serta apa ada pantangan yang harus dihindari.

Khususnya bagi ibu hamil, mengecek kondisi janin jadi keharusan agar tetap sehat dan selamat selama pergi berlibur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini