Share

Penerbangan Langsung Toraja-Balikpapan Resmi Dibuka, Pariwisata Makin Meningkat

Anya Azalia Faustina, Jurnalis · Minggu 09 Oktober 2022 04:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 08 406 2683069 penerbangan-langsung-toraja-balikpapan-resmi-dibuka-pariwisata-makin-meningkat-F4mp8RoCub.jpg Peresmian penerbangan perdana dari Bandara Buntu Kunik Toraja menuju Balikpapan (ANTARA)

PENERBANGAN langsung dari Toraja menuju Balikpapan maupun sebalinya resmi beroperasi mulai Jumat, 7 Oktober 2022. Adanya direct flight ini diyakini akan makin meningkatkan pariwisata.

Penerbangan perdana menggunakan pesawat jenis ATR 72-500/600, ditandai dengan guyur ke arah pesawat di apron Bandara Buntu Kunik, Tana Toraja.

 BACA JUGA:Viral Penampakan Sayap Pesawat Dilakban Bikin Ngeri, Berbahayakah untuk Penerbangan?

Hadirnya layanan penerbangan langsung ini, didukung oleh subsidi tiket pesawat melalui bantuan keuangan Provinsi Sulsel Tahun Anggaran 2022. Hal itu sebagai wujud kepedulian Gubernur Andi Sudirman untuk mendongkrak perekonomian di Toraja.

"Alhamdulillah, hari ini mulai dibuka penerbangan subisidi rute Tana Toraja-Balikpapan dan rute Balikpapan-Tana Toraja dengan maskapai Wings Air," kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman seperti dilansir dari ANTARA, Sabtu (8/10/2022).

 

Adapun penumpang pada penerbangan ini, sebanyak 29 penumpang berangkat dari Toraja ke Balikpapan. Serta 28 penumpang tiba dari Balikpapan di Toraja.

 BACA JUGA:4 Alasan Penumpang Disarankan Pilih Penerbangan Pagi Hari

Penerbangan rute ini secara reguler setiap hari Jumat dan Minggu. Penerbangan ini terkoneksi dengan penerbangan ke Tarakan (Kalimantan Utara) serta ke Berau (Kalimantan Timur).

"Semoga dengan adanya rute penerbangan ini akan semakin meningkatkan pariwisata dan perekonomian di Toraja," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Bantuan keuangan senilai Rp22,5 miliar tersebut diserahkan oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Tator dalam rangka 775 Tahun Toraja dan 65 Tahun Kabupaten Tator pada 31 Agustus 2022.

 Ilustrasi

Bantuan keuangan itu dialokasikan untuk membangun infrastruktur objek wisata Ollon hingga memberikan subsidi tiket pesawat rute Toraja-Kalimantan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini