Share

5 Wisata Religi di Tanah Jawa Cocok Dikunjungi saat Momen Maulid Nabi Muhammad

Prisca Arianto, Jurnalis · Sabtu 08 Oktober 2022 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 08 408 2683118 5-wisata-religi-di-tanah-jawa-cocok-dikunjungi-saat-momen-maulid-nabi-muhammad-lGooHcWeuR.jpg Kompleks Masjid dan Makam Sunan Ampel di Surabaya (Newsjid)

MAULID Nabi Muhammad Shallahu’alaihi Wasallam diperingati tiap 12 Rabiul Awal tahun Hijriah, untuk mengenang sekaligus mempertegas bahwa Rasulullah adalah teladan bagi umat manusia.

Tiap daerah di Indonesia memiliki tradisi unik masing-masing dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad. Mereka biasanya menyesuaikan dengan budaya daerah masing-masing. Maulid Nabi tentu saja jadi ajang mempererat ukhuwah dan silaturahmi.

Selain itu bulan Maulid Nabi bisa dimanfaatkan untuk melakukan wisata religi atau ziarah.

 BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta, Wajib Dikunjungi Saat Liburan!

Berikut daftar 5 destinasi wisata religi di Pulau Jawa yang mungkin bisa Anda kunjungi saat momen maulid Nabi :

1. Makam Sunan Giri

Di hari-hari biasa komplek pemakaman Sunan Giri bisa dibilang tidak pernah sepi peziarah. Salah satu wali songo ini mempelajari dakwah islam dari Sunan Ampel.

 Ilustrasi

Selanjutnya ia berdakwah dengan media lagu permainan anak-anak. Sunan Giri meninggal pada tahun 150y dan dimakamkan di Desa Giri, Gresik, Jawa Timur.

2. Makan Sunan Gresik

Syekh Maulan Malik Ibrahim atau dikenal sebagai Sunan Gresik merupakan Wali Songo yang memiliki nasab atau keturunan Nabi Muhamad SAW dari Husain bin Ali Ra.

 BACA JUGA:5 Masjid Megah dan Estetik Rancangan Ridwan Kamil, Cocok Buat Wisata Religi

Beliau menggunakan strategi dakwah lewat jalur niaga atau perdagangan. Sunan Gresik meninggal pada tahun 1419 dan dimakamkan di Desa Gopurosukolilo, Jalan Malik Ibrahim.

Lokasi makam Sunan Gresik berada tidak jauh dari alun-alun kota Gresik, sehingga mudah untuk di akses.

3. Makam Sunan Ampel

Sunan Ampel merupakan pendiri pesantren Ampeldeta di Surabaya yang merupakan pesantren tertua di Jawa.

Sunan Ampel dimakamkan di sebelah barat masjid Ampel Surabaya yang kini menjadi salah satu wisata religi di Indonesia.

Di masjid Ampel ini kaum Muslimin tidak hanya bisa berziarah namun berbelanja kebutuhan religi lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang merupakan salah satu Wali Songo terkenal dengan strategi dakwahnya melalui media seni. Beliau mengajarkan Islam melalui wayang, tembang, dan sastra sufistik.

Makam Sunan Bonang berada di Dukuh Kauman Kabupaten Tuban. Sebagai salah satu wisata religi Indonesia makam Sunan Bonang tidak pernah sepi peziarah.

Kompleks makam Sunan Bonang menyuguhkan berbagai keunikan. Mulai dari cungkup makam Sunan Bonang dengan desain menarik, gapura masuk dengan corak Hindu-Buddha hingga bersebelahan langsung dengan Masjid Astana Bonang.

Ilustrasi

5. Makam Suna Drajat

Sunan Drajat dikenal sebagai salah satu pemimpin yang menjunjung tinggi kesejahteraan umat. Strategi dakwah yang digunakan Sunan Drajat adalah pendidikan akhlak kepada masyarakat.

Makam Sunan Drajat terletak di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Lamongan. Saat ini makam Sunan Drajat dijadikan wisata religi yang selalu ramai.

Di kompleks makam Sunan Drajat terdapat sumur tua yang dipercaya telah ada sejak masa kepemimpinan Sunan Drajat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini