Share

10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan, Nomor 7 Best Tourism Village

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 08 408 2683139 10-desa-wisata-terbaik-di-indonesia-dengan-pemandangan-menakjubkan-nomor-7-best-tourism-village-MHyU18hJRS.jpg Desa Wisata Nglanggeran di Gunung Kidul, DI Yogyakarta (ANTARA/Sutarmi)

ADA 10 desa wisata terbaik di Indonesia dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Desa wisata ini sudah meraih sederet penghargaan bukan hanya tingkat nasional, ada yang di level internasional.

Tak jarang wisata alam yang ada di Indonesia berupa sebuah perkampungan atau pedesaan yang asri dan indah. Tentu saja saat berkunjung di destinasi wisata satu ini akan memberikan kesan yang tak akan terlupakan.

Lantas, mana saja desa wisata alam terbaik di Indonesia? Simak rangkumannya.

1. Desa Pujon Kidul, Malang

Malang termasuk kawasan wisata alam terbaik di wilayah Jawa Timur. Salah satunya adalah desa Pujon Kidul yang terkenal sebagai desa agrowisata terbaik.

Desa ini memiliki kebun tanaman obat, kebun buah, dan tempat mengelola susu sapi. Tak heran jika kawasan ini terkenal sebagai pusat produk susu di Malang.

Ilustrasi

Desa Pujon Kidul di Malang (Shutterstock)

2. Desa Argapura, Majalengka

Bagi warga Majalengka tak asing lagi dengan desa wisata satu ini. Bagaimana tidak, di desa ini terdapat objek wisata Curug Muara Jaya dan kebun pinus yang indah.

3. Desa Lembang, Bandung

Bagi warga Bandung dan Jabodetabek mungkin tak asing dengan desa wisata satu ini. Desa yang berada di 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut ini terkenal sangat dingin. Terdapat kebun teh dan stroberi yang bisa dikunjungi di sini bahkan titik tertingginya ada di puncak Gunung Tangkuban Parahu.

4. Desa Ubud, Bali

Saat berkunjung ke Pulau Dewata jangan lupa mampir ke desa wisata satu ini. Ya, desa Ubud memiliki panorama yang indah dengan dikelilingi hamparan sawah dan pohon kelapa yang rimbun. Selain itu juga terdapat situs suci kuno yang menarik, namanya Gua Gajah.

5. Desa Kersik, Jambi

Saat hendak mendaki gunung tertinggi kedua di Indonesia, pastinya melewati desa wisata alam terbaik satu ini. Ya, desa Kersik berada di bawah kaki Gunung Kerinci dan menjadi gerbang utama pendakian Gunung Kerinci.

6. Desa Sungai Nyalo, Pesisir Selatan

Kabupaten Pesisir Selatan mungkin asing bagi sebagian warga luar Sumatera Barat. Meski begitu, kabupaten satu ini memiliki desa wisata yang memiliki pantai andalan dengan terumbu karang yang masih terjaga.

Follow Berita Okezone di Google News

7. Desa Nglanggeran, Gunung Kidul

Desa Wisata Nglanggeran di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ditetapkan sebagai salah satu Desa Wisata Terbaik Dunia atau Best Tourism Village 2021 oleh Organisasi Pariwisata Dunia atau United Nation World Tourism Organization (UNWTO) di Madrid, Spanyol.

Nglanggeran tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah, tapi juga memiliki banyak hal unik lain yang bisa ditelusuri. Desa ini sudah banyak meraih penghargaan.

8. Desa Madobak, Kepulauan Mentawai

Masih di wilayah Sumatera Barat, tepatnya kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki satu desa wisata alam terbaik. Di desa Madobak, warganya tetap mempertahankan kebudayaan asli Mentawai, dan terpilih sebagai desa adat terbaik se-Indonesia.

9. Desa Pariangan, Tanah Datar

Memiliki kawasan yang indah, berlokasi di lereng Gunung Marapi, Desa Pariangan dinobatkan sebagai desa terindah di dunia pada 2012 oleh media pariwisata New York.

Ilustrasi

10. Desa Teluk Meranti, Pelalawan

Bagi yang suka berselancar mungkin tak asing dengan kawasan yang berada di Provinsi Riau ini. Bagaimana tidak, desa wisata alam Teluk Meranti terkenal dengan ombak bono yang ramai dikunjungi peselancar dunia.

Demikian 10 desa wisata terbaik di Indonesia yang layak dikunjungi traveler.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini