Share

Dear Traveler, Ini 4 Danau Cantik di Sumatera yang Wajib Masuk Bucket List Liburan

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 08 408 2683197 dear-traveler-ini-4-danau-cantik-di-sumatera-yang-wajib-masuk-bucket-list-liburan-yD5DdA6Vyf.jpg Danau Toba di Sumatera Utara (Foto: Maritim)

PULAU Sumatera memiliki keindahan alam menakjubkan. Selain eksotisme jajaran pegunungan Bukit Barisan yang terbentang dari Aceh hingga Lampung dan menjadi benteng ekologi serta budaya, Sumatera juga punya beraneka ragam objek wisata.

Salah satunya adalah danau. Paling terkenal tentu saja Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia dan sekarang jadi Destinasi Super Prioritas.

Berikut beberapa danau cantik di Sumatera yang punya daya tarik wisata luar biasa.

 BACA JUGA:10 Danau Vulkanik Terindah di Dunia, Tiga di Antaranya Ada di Indonesia!

1. Danau Toba

Danau Toba di Sumatera Utara terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Supervulkan.

Danau ini memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 505 meter, danau terdalam kedua di Indonesia dan ke-15 di dunia. Danau Toba memiliki panorama alam yang indah dan asri.

Salah satu spot menarik untuk menikmati pesona Danau Toba adalah dari kawasan Huta Ginjang. Huta Ginjang merupakan desa di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Dalam bahasa Batak Huta Ginjang artinya perkampungan di atas.

Dari titik ketinggian Huta Ginjang, Anda akan menyaksikan hamparan Danau Toba dan perbukitan hijau yang mengelilinginya. Air danau biru yang tenang berpadu langit biru dihiasi awan sungguh pemandangan menakjubkan.

 BACA JUGA:4 Danau di Indonesia Menyimpan Misteri, Bikin Bulu Kuduk Merinding

2. Danau Ranau

Danau Ranau yang merupakan danau terbesar kedua di Sumatera. Terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan.

Memiliki panjang 16 km, lebar 8 km, luas permukaan 125,9 km persegi, kedalaman maksimal 229 meter, dan volume air mencapai 21,95 km kubik.

 Ilustrasi

Danau Ranau

Danau ini terbentuk hampir serupa dengan Toba, yaitu dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar.

Danau terkenal sering para nelayan untuk mencari ikan seperti mujair, kepor, kepiat, dan harongan. Kemudian tepat di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa.

Di pulau Marisa terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat maupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut, terdapat air terjun, dan penginapan.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Danau Singkarak

Kemudian ada Danau Singkarak, yakni sebuah danau yang membentang di dua kabupaten yang terdapat di provinsi Sumatera Barat atau tepatnya di kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar.

Danau ini merupakan hulu dari sungai atau Batang Ombilin. Namun sebagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak.

Danau Singkarak merupakan salah satu hasil dari proses tektonik yang dipengaruhi oleh Sesar Sumatera. Danau ini adalah bagian dari Cekungan Singkarak-Solok yang termasuk di antara segmen dari Sesar Sumatera.

 Ilustrasi

Danau Singkarak

Uniknya Danau Singkarak memiliki ikan yang hanya bisa hidup di perairan danau ini, yaitu ikan bilih namanya. Kemudian ikan ini juga menjadi salah satu kuliner khasnya.

4. Danau Lut Tawar

Danau Lut Tawar atau Danau Laut Tawar terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Luasnya mencapai 5.472 hektare dengan panjang 17 kilometer serta lebar 3.219 Km. Danau ini jadi salah satu destinasi wisata favorit di Aceh.

Danau Lut Tawar berada dalam pelukan bukit hijau. Pemandangannya sangat menakjubkan. Sekitar danau kini sudah hadir penginapan-penginapan untuk memudahkan wisatawan.

Selain keindahan alamnya, Danau Lut Tawar juga menyimpan sederet cerita legenda menarik. Arkeolog juga menemukan beberapa fosil manusia yang hidup ribuan tahun lalu di sekitar danau ini. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini