Share

Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2022, Ini Sederet Tempat Wisata Religi di Kalsel

Anya Azalia Faustina, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 09 408 2683547 jadi-tuan-rumah-mtq-nasional-2022-ini-sederet-tempat-wisata-religi-di-kalsel-A7zzVK8nUQ.jpg Tugu Simpang Empat Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Foto: Disporabudpar Banjarbaru)

MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX tahun 2022 yang berlangsung mulai 10 hingga 19 Oktober di Kalimantan Selatan (Kalsel) jadi momentum membangkitkan pariwisata terutama wisata religi. Para kafilah dari berbagai daerah diajak mengeksplor beragam situs wisata religi di Kalsel.

"Jadi di sela mengikuti lomba, tentunya para peserta jangan sampai melewatkan berwisata termasuk wisata religi yang banyak pilihannya di Kalsel," kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel, Zainal Helmie di Martapura seperti dilansir dari ANTARA, Minggu (9/10/2022).

 BACA JUGA:5 Wisata Religi di Tanah Jawa Cocok Dikunjungi saat Momen Maulid Nabi Muhammad

Helmie menyebut ada beberapa tempat wisata religi yang wajib dikunjungi dengan jarak tempuh tak jauh dari lokasi panggung utama acara MTQ di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Antara lain makam Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau Guru Sekumpul di Kota Martapura yang setiap haulnya dihadiri jutaan orang dari berbagai penjuru nusantara bahkan luar negeri.

 

Kemudian makam Syekh Muhammad Arsyad Albanjari atau Datuk Kalampayan di Kecamatan Astambul yang dikenal sebagai pengarang kitab Sabilal Muhtadin atau Sabilal Muhtadin lit-Tafaqquh fi Amrid-din yang namanya sekarang diabadikan sebagai Masjid Raya Sabilal Muhtadin di Kota Banjarmasin, sebuah masjid terbesar di Kalsel.

Sedangkan di Kota Banjarmasin yang juga menyelenggarakan MTQ, ada komplek Kubah Basirih yang selalu ramai dikunjungi wisatawan berziarah ke makam keramat ulama bernama Al Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim atau yang dikenal dengan Habib Basirih.

 BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta, Wajib Dikunjungi Saat Liburan!

Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada Mei 2022 lalu mengunjungi Kubah Basirih yang menjadi finalis 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

"Jadi selain kaya akan wisata alam, Kalsel sebagai daerah religius Muslim terbesar juga surganya wisata religi yang sangat sayang jika dilewatkan," ucap Helmie.

Follow Berita Okezone di Google News

Pengurus PWI Kalsel diundang secara khusus oleh Ketua Harian Panitia Pelaksana MTQ Nasional yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar untuk melihat langsung kesiapan pembangunan panggung utama di Kiram Park.

Helmie didampingi Sekretaris PWI Kalsel Toto Fachrudin menyatakan seluruh wartawan yang bernaung di PWI mendukung sepenuhnya gelaran MTQ agar bisa sukses dengan menyajikan pemberitaan secara maksimal dari berbagai sudut pandang termasuk beragam informasi seputar Kalsel yang perlu diketahui para kafilah.

 Ilustrasi

"Dengan kehadiran 3.042 tamu undangan dan peserta termasuk 200 tamu sangat penting atau very-very important person (VVIP), maka MTQ sangatlah potensial mengangkat nama daerah dan meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar dia.

Gelaran MTQ pada 10 sampai 19 Oktober 2022 dilaksanakan di tiga wilayah yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar dengan acara pembukaan di Kiram Park, Kabupaten Banjar yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini