Share

10 Wisata Paling Hits Pekalongan, Air Terjun Cantik hingga Masjid Berusia 170 Tahun

Andini Putri Nurazizah, Jurnalis · Sabtu 15 Oktober 2022 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 15 408 2687553 10-wisata-paling-hits-pekalongan-air-terjun-cantik-hingga-masjid-berusia-170-tahun-e6JrqrltLW.JPG Masjid Agung Al Jami, salah satu destinasi religi di Pekalongan, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@adiher.id)

PEKALONGAN dalam bahasa Jawa, kalong artinya kelelawar. Unik ya? Kota yang terletak di utara Pulau Jawa ini dulunya terdapat banyak kelelawar lho, terutama di Kesesi tempat kelahiran dari pahlawan Pekalongan, Joko Bau putra Kyai Cempaluk.

Kota Pekalongan menjadi menjadi tempat strategis untuk Anda kunjungi, karena wilayahnya yang berbatasan langsung dengan kota tujuan wisata lain.

Di antaranya ada Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Brebes, Kabupaten Wonosobo, hingga Kabupaten Batang. Pekalongan juga dilewati oleh jalur pantai utara pulau Jawa.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari tempat tujuan wisata, Pekalongan tak boleh ketinggalan nih untuk Anda eksplore. Banyak tempat wisata alam dan budaya nya yang sayang kalau Anda lewatkan begitu saja.

Melansir laman Javatravel, berikut adalah daftar tempat wisata hits yang ada di Pekalongan yang sayang jika Anda lewatkan.

Museum Batik Pekalongan

Dengan julukan 'kota batik', Pekalongan menjadi salah satu kota penghasil batik unggulan di Indonesia. Oleh karenanya, Anda wajib mendatangi museum batik Pekalongan untuk mengenal berbagai macam koleksi batik khas Pekalongan, serta corak yang dimilikinya hanya bisa ditemui pada museum ini. Selain berlibur, Anda bisa menambah wawasan lho mengenai kebudayaan Indonesia ini.

Museum ini berada di Jalan Jetayu 1, Kota Pekalongan. Pastikan untuk tidak boleh melewatkan tempat ini ya jika berkunjung ke Pekalongan, karena ada unsur edukasi lho yang menarik untuk dipelajari.

Museum Batik Pekalongan

(Foto: Instagram/@museumbatikpkl)

Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto memiliki hamparan pasir putih dengan air laut berwarna biru. Yang lebih unik lagi di sekeliling pantai ditumbuhi pohon-pohon cemara yang rindang.

Dijamin betah deh ke pantai ini, karena lingkungannya yang masih tergolong bersih dan tertata rapi, tapi pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan ya!

Anda bisa duduk di bawah deretan pohon cemara sambil menikmati sejuknya angin pantai. Ombaknya juga cenderung tenang lho, jadi cocok banget nih buat liburan keluarga bersama sang buah hati. Jika Anda ingin mengunjungi pantai Wonokerto, pastikan untuk datang pada pagi dan sore hari, agar Anda bisa menyaksikan sunrise maupun sunset di pantai.

Pantai Depok

Wah unik ya namanya, walaupun namanya pantai Depok bukan berarti pantai tersebut berada di Depok, Jawa Barat ya. Pantai ini terletak di Desa Depok, Kecamatan Siwalan, Pekalongan. Ada panorama alam yang indah yang ditawarkan untuk memanjakan mata kita.

Pantai Depok Pekalongan

(Foto: Instagram/@anandabrennaf)

Dengan ombak yang landai, cocok banget untuk liburan keluarga yang ingin berenang atau sekedar bermain air saat liburan. Uniknya nama pantai ini, tidak hanya ada di Pekalongan saja lho. Di Yogyakarta mempunyai nama yang serupa, tapi tentu saja dengan pemandangan yang berbeda.

Kedung Si Pingit Petungkriyono

Kedung Si Pingit Petungkriyono atau dengan nama lain Black Canyon merupakan tempat wisata air terjun dengan view tebing yang memesona, serta sumber mata air yang luar biasa jernih.

Jika dilihat dari dekat, kolamnya memiliki air berwarna biru kehijauan, dengan kedalaman sekitar 5-7 meter, tapi jika musim kemarau melanda bisa menyusut sampai 3,5 meter.

Termasuk dalam ya airnya? Tapi Anda tidak perlu khawatir, bagi Anda yang tidak bisa berenang pihak pengelola menyediakan pelampung yang bisa Anda sewa. Jadi tunggu apa lagi, segera datang ke Kedung Si Pingit ini, dan nikmati pesona alam yang diberikan!

Follow Berita Okezone di Google News

Curug Bajing

Berlokasi di Desa Telogo Parkis, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan, curug ini memiliki ketinggian 1.300 mdpl, dengan ketinggian air terjun 70 meter.

Ada hawa sejuk jika Anda mengunjungi curug ini, dan cenderung dingin cocok untuk merefresh segala kepenatan yang Anda rasakan. Aliran airnya juga cukup deras lho, pastikan untuk tetap hati-hati ya jika mendekati airnya.

Lokasi Curug Bajing sendiri agak jauh dari pemukiman penduduk. Bagi Anda yang ingin mengunjungi curug ini, butuh waktu 15 menit dari tempat parkir dengan berjalan kaki, agar bisa sampai ke curug tersebut.

Masjid Agung Al-Jami

Masjid Agung Al-Jami pertama kali dibangun oleh Raden Arjo Wirijo Tumenggung Adinegoro pada tahun 1852. Masjid ini juga merupakan peninggalan sejarah yang menjadi simbol islami di Kota Pekalongan.

Selanjutnya masjid ini sempat direnovasi pada Januari 1933, di mana ada penambahan seperti puncak masjid yang ditinggikan 27 meter, serta 99 anak tangga yang berputar.

Masjid Al Jami

(Foto: Instagram/@yusri_santosa)

Masjid ini juga mempunyai arsitektur Jawa-Arab, dengan kubah yang berbentuk joglo, yang hingga sekarang masih terus dipertahankan.

Jika dilihat dari kejauhan, puncak atap bangunan masjid akan berbentuk limasan tumpang. Sedangkan gapura di bagian tengah masjid, memiliki bentuk segi empat dengan menara dan kubah yang kecil. Bila Anda ingin berkunjung, masjid ini terletak di alun-alun Kota Pekalongan, sehingga mudah ditempuh dari berbagai arah.

Wisata Bahari PPNP

Berlokasi di utara dekat jantung Kota Pekalongan, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mengajak keluarga untuk berwisata. Area bermain anak di sana sangat luas, ada perosotan, ayunan, hingga jungkat-jungkit bagi si kecil.

Selain taman bermain, disana juga ada wahana seaworld mini, beragam koleksi ikan ada disana. Anak-anak dipastikan akan senang dan terpikat saat melihat banyaknya jenis ikan-ikan yang berenang seperti berada di dalam laut. Khusus untuk lantai 2, terdapat miniatur kapal beserta dengan alat tangkap ikan. Dan di lantai 3 ada gardu pandang yang langsung ke arah laut.

Desa Wisata Lolong

(Foto: Instagram/@lolong_adventure)

Desa Wisata Lolong

Bagi Anda pencinta durian wajib banget melipir ke Desa Wisata Lolong ini. di tempat ini menawarkan berbagai durian dengan kualitas unggulan, jadi tak perlu heran jika banyak rombongan keluarga yang datang dan menikmati liburan di sini.

Tak hanya pencinta durian saja, bagi Anda pecinta adventure juga wajib baget ke sini , karena ada river stubing di Sungai Sengkarang. Jika Anda tertarik, tempat ini berlokasi di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Pekalongan.

Gunung Regojembangan

Tak kalah dengan gunung-gunung lainnya, gunung Regojembangan yang memiliki ketinggian 2.117 mdpl ini, menjadi destinasi favorit para pendaki untuk mengunjunginya.

Baik pendaki asli Pekalongan sampai dari luar wilayah Pekalongan sering lho mendaki di sini. Adapun panorama alam yang indah yang menjadi daya tarik para pendaki. Jika Anda tertarik, gunung ini berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan.

Watu Ireng

Dengan jarak yang tidak jauh dari jantung Kota Pekalongan, Watu Ireng sangat cocok bagi Anda pencinta hal-hal mistis. Tempat ini sendiri memiliki arti batu hitam, karena terdapat batu besar yang berongga dan tidak ada yang tahu asal mula batu tersebut.

Meski tergolong wisata mistis, tempat ini tidak semenakutkan yang Anda bayangkan. Masih ada pepohonan serta hamparan hijau yang membuat ini terlihat asri dan sejuk. Jika Anda ingin berkunjung, Watu Ireng berlokasi di Desa Lambur, Kecamatan Kandangserang, Pekalongan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini