Share

Mengenal Suanggi, Hantu Pembunuh Paling Ditakuti di Indonesia Timur

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2022 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 406 2689330 mengenal-suanggi-hantu-pembunuh-paling-ditakuti-di-indonesia-timur-YbT431pJCR.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

INDONESIA dikenal dengan mitos hingga hantu khas yang menempati di setiap daerahnya. Salah satunya adalah Suanggi, di mana jenis makhluk ini konon paling ditakuti di Maluku maupun sebagian wilayah Indonesia Timur lainnya.

Keberadaan Suanggi sendiri masih menjadi misteri, sehingga sejak dulu hingga sekarang sebagian masyarakat Maluku cukup takut dengan kedatangan hantu satu ini.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut asal usul hantu Suanggi dan mengapa sosoknya sampai sangat ditakuti.

Asal usul hantu Suanggi

Suanggi atau Swangi (Suwangi) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti burung hantu. Akan tetapi masyarakat Maluku mengacu pada kepercayaan lama masyarakat Suku Aru.

Kepercayaan suku Aru ini mengacu pada roh jahat. Kemudian yang mana oleh Suku Belu, dipercaya selalu mengembara untuk memangsa manusia.

Alasan Suanggi ditakuti

Nah ini alasannya mengapa Suanggi sangat ditakuti, hal ini karena Suanggi adalah sejenis ilmu hitam dan juga menjadi sebutan bagi dukun atau orang yang menekuni ilmu tersebut.

Kemudian ilmu hitam ini konon biasa digunakan untuk membunuh musuh atau orang yang tak disukai. Penganut atau dukun Suanggi biasanya, hidup di hutan dan terkadang hidup berbaur dengan masyarakat sekitar.

Infografis Tempat Paling Misterius di Dunia

Wujud perempuan

Selanjutnya, Suanggi dikenal hingga di Kecamatan Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara. Di daerah tersebut, Suanggi terkenal memiliki wujud seorang perempuan cantik.

Hantu berwujud perempuan ini mengincar laki-laki hidung belang, dan kemudian diajak berhubungan intim. Setelah itu barulah Suanggi menyerang dan memakan alat kelamin pria tersebut.

Sementara di Nusa Tenggara Timur (NTT), Suanggi berwujud nenek cantik yang menyimpan sangat banyak kedengkian kepada warganya.

Konon, ia hidup pada tahun 1895 di sebuah kampung di Nangaroro, Kabupaten Nagekeo. Nenek itu akhirnya ingin melampiaskan kedengkiannya terhadap seorang bapak yang pulang dari memancing, dan berhasil mendapatkan banyak ikan.

Hingga suatu hari, sang nenek datang dan menyembah sebuah pohon besar selama 40 hari lamanya. Kemudian, nenek itu mendengar sebuah bisikan untuk segera pulang ke rumah dan mempraktikkan ilmu hitam yang diperolehnya.

Namun, ketika mempraktikkan ilmu hitamnya tersebut, nenek itu malah tewas mengenaskan dan arwahnya gentayangan mencari mangsa.

Follow Berita Okezone di Google News

Ciri-ciri Suanggi

Terdapat ciri-ciri mencolok pada hantu Suanggi. Biasanya makhluk astral ini melakukan aksinya pada malam hari. Salah satu pertanda kedatangannya, yaitu bisa terlihat seperti bola api yang melayang-layang di atas rumah sang korban.

Suanggi dapat berubah bentuk dari bola api menjadi sosok hantu perempuan dengan wajah menyeramkan.

Infografis Gua Penuh Misteri di Indonesia

Dalam melakukan aksi pembunuhannya, Suanggi menggunakan mantra yang mengubah dirinya menjadi bayangan ke rumah korban.

Kemudian dalam beberapa hari, kondisi korban akan sakit secara tidak wajar dan tidak mampu dideteksi oleh ilmu medis paling canggih sekalipun. Ngeri juga ya Okezoners!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini