Share

Kapal Abad Ke-19 Ditemukan di Dasar Sungai yang Mengering Akibat Gelombang Panas

Andini Putri Nurazizah, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2022 03:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 406 2689565 kapal-abad-ke-19-ditemukan-di-dasar-sungai-yang-mengering-akibat-gelombang-panas-MLId2fwfWW.JPG Bangkai kapal abad 19 ditemukan di Sungai Mississippi, Amerika Serikat (WION)

SEBUAH artefak berupa bangkai kapal abad ke-19 ditemukan di dasar Sungai Mississippi, Amerika Serikat yang mengering akibat gelombang panas yang melanda negara tersebut.

Bangkai kapal itu ditemukan oleh Patrick Ford, warga Baton Rouge di Louisiana, AS. Ford mengamati penyusutan Sungai Mississippi selama berminggu-minggu.

 BACA JUGA:Difasilitasi Kemenparekraf, 800 Usaha Pariwisata Segera Tersertifikasi SNI CHSE

"Minggu lalu saya ke sini dan terkejut melihat kapal ada di sana. Saya segera mengirim SMS kepada teman-teman dan berkata, 'kudus, saya pikir saya menemukan sebuah kapal yang tenggelam!'" kata Ford seperti dilansir dari WIONews, Selasa (18/10/2022).

 

Dari penemuan tersebut, Ford mendatangi para ahli untuk memastikan apakah kapal tersebut memang benda bersejarah. Sementara para arkeolog negara bagian Mississippi, Chip McGimsey telah lama mengetahui keberadaan kapal itu sejak lama.

 BACA JUGA:Luruskan Kesalahan Informasi soal Candi Borobudur, 100 Pemandu Wisata Dibekali Ilmu Pengetahuan

"Kami percaya ini adalah kapal yang diproduksi pada tahun 1896 di Indiana untuk diperdagangkan di sini. Di tahun 1992 sebuah perusahaan arkeologi melakukan beberapa pekerjaan, sebagian besar tidak memiliki dokumen yang bagus tentang pembuatan kapal. Ini adalah contoh langka dari tahun 1900."

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Dari dampak gelombang panas ini juga, beberapa penemuan sejarah lainnya terungkap. Juni lalu reruntuhan kota kuno yang diperkirakan berusia 3.400 tahun ditemukan oleh para arkolog di Irak.

 Ilustrasi

Kota itu diduga merupakan kota yang hilang karena penarikan reservoir Mosul setelah kekeringan parah di Irak pada masa lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini