Share

Mengenal 'Kota Suci' Tempat Tinggal Ribuan Janda Telantar

Prisca Arianto, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2022 01:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 406 2689691 mengenal-kota-suci-tempat-tinggal-ribuan-janda-telantar-m6itW4UoJL.jpg Kota Vrindavan, India (Wikipedia)

VRINDAVAN, kota di Distrik Mathura, Uttar Prades, India adalah tmpat tinggal ribuan janda telantar. Banyak wanita yang tanpa suami hijrah ke kota yang dipercaya sebagai tempat kelahiran Krishna, Dewa Hindu. Mereka memilih hidup di Vrindavan setelah terusir dari keluarganya.

Parvati Devi, janda 70 tahun misalnya. Menjadikan Vrindavan sebagai rumahnya, setelah ia ditinggalkan oleh keluarganya. Dia kini mencari nafkah dengan mengemis untuk bertahan hidup.

 BACA JUGA:Selain Lebih Menggoda, Ternyata Ini 5 Alasan Perjaka Begitu Mudah Kepincut Janda

"Saya diusir dari rumah setelah suami saya meninggal. Anggota keluarga mengira saya akan membawa nasib buruk. Itu adalah takdir yang membawa saya ke sini dan saya akan mati di sini di kota suci ini," kata Devi seperti dilansir dari DW.com, Selasa (18/10/2022).

Rani Sominder, janda berusia 65 tahun juga menjadikan Vrindavan sebagai rumahnya. Seperti halnya Debi, Sominder juga ditinggalkan oleh keluarganya karena dianggap sebagai beban.

 

"Saya dulu tinggal dan mengemis di jalanan ketika saya datang ke sini hampir sepuluh tahun yang lalu. Namun, saya beruntung menemukan kamar di tempat penampungan bagi para janda. Setidaknya saya bisa mendapatkan satu kali makan sehari," kata Sominder.

Vrindavan yang memiliki lebih dari 4.000 kuil dianggap sebagai Kota Suci juga Kota Ziarah oleh umat Hindu. Penduduk Vrindavan hampir 60.000 ribu orang, dan diperkirakan ada 20.000 janda yang tinggal di kota ini.

 BACA JUGA:7 Provinsi Penghasil Janda Muda Terbanyak di Indonesia, Duda dan Jejaka Silakan Masuk!

Selama bertahun-tahun, Vrindavan telah menjadi magnet bagi para janda yang telantar karena ditinggalkan oleh keluarganya.

Kota ini penuh dengan rumah-rumah tamu yang suram, tempat berteduh, dan tempat-tempat sempit di mana para janda miskin dan telantar datang untuk mencoba mencari nafkah sampai kematian menghentikannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Banyak janda yang usia lanjut memasak makanan sendiri dan membersihkan pakaian dan peralatan mereka sendiri.

"Keluarga saya tahu bahwa saya menjalani kehidupan yang menyedihkan di sini, tetapi itu tampaknya tidak mengganggu mereka. Saya harus menerima kenyataan bahwa saya akan mati di sini," kata Janaki Jha, janda lainnya.

 Ilustrasi

Dia pun terpaksa mengemis agar bisa bertahan hidup. Kadang-kadang dia menghabiskan sebagian besar hari dengan menyanyikan lagu-lagu kebaktian dengan imbalan makanan panas dan beberapa rupee.

Para janda merasa mendapatkan perlindungan di Vrindavan, meskipun hidup miskin dan menyedihkan. Mereka mengaku hanya pasrah menyerahkan diri pada Dewa Krishna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini