Share

5 Museum Terkenal di Dunia yang Mengoleksi Benda Sejarah Indonesia, Apa Saja?

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 408 2689818 5-museum-terkenal-di-dunia-yang-mengoleksi-benda-sejarah-indonesia-apa-saja-pWJ28dIimA.jpg Tropen Museum, Belanda turut mengoleksi benda bersejarah dari Indonesia (Foto: Tropenmuseum.nl)

ADA 5 museum terkenal di dunia yang menyimpan benda bersejarah dari Indonesia. Nusantara memang pernah dijajah oleh bangsa Eropa hingga pendudukan Jepang.

Belanda pernah 350 tahun menguasai Indonesia, kemudian dijajah Jepang selama 3,5 tahun sebelum akhirnya merdeka.

Pada masa penjajahan, terdapat beberapa benda berharga milik Indonesia yang dibawa ke luar negeri dan disimpan di museum di luar negeri.

Lantas, mana saja museum dunia yang menyimpan benda sejarah RI? Simak penjelasan :

1. Metropolitan Museum of Art, AS

Metropolitan Museum of Art di Amerika Serikat diketahui menyimpan banyak benda kebudayaan Indonesia di era Kerajaan Majapahit. Mulai dari patung, mahkota emas, piring kuno emas, hingga pedati. Benda-benda tersebut menjadi saksi sejarah yang menggambarkan kemakmuran Kerajaan Majapahit pada masanya.

2. Museum of Crystal, Rusia

Museum of Crystal yang terletak di kota Gus Khustalny, Rusia juga menyimpan banyak koleksi benda-benda yang berasal dari peradaban suku-suku di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan juga Papua.

Terdapat sekitar 300 benda asli Indonesia yang dipamerkan di museum ini. Mulai dari keris, teknik kaligrafi, pakaian daerah, hingga peta.

3. Tropen Museum, Belanda

Tropen Museum atau museum antropologi di kota Amsterdam memiliki ribuan koleksi benda-benda bersejarah yang berasal dari Indonesia. Terdapat sekitar 5.500 buah alat musik tradisional khas Indonesia dan benda-benda kesenian tradisional seperti wayang dan topeng, dengan jumlah sekitar 21.000 buah artefak tekstil khas Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Museum Nasional Denmark

Tak hanya Belanda, Museum Nasional Denmark atau National Museet juga banyak menyimpan sejarah milik nusantara namun lebih ke etnografi peradaban Aceh. Benda-benda berupa barang-barang antik, bendera kerajaan yang diperkirakan eksis sejak 1850 hingga 1900, dan benda-benda lainnya yang menggambarkan Aceh pada masa lampau.

Ilustrasi

5. Museum Fur Volkerkunde, Jerman

Museum Fur Volkerkunde juga memiliki peninggalan sejarah Indonesia. Yakni, Keris Kyai Omyang, senjata milik Pangeran Diponegoro.

Lantaran memiliki nilai spiritual, benda ini menjadi satu dari sekian koleksi berharga dari museum tersebut. Tak hanya itu, ada juga koleksi berupa alat musik tradisional Indonesia, seperti gamelan Jawa.

Itulah 5 museum dunia yang menyimpan benda sejarah RI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini