Share

Dikenal Kampung Kanibal, Ini 5 Fakta Huta Siallagan di Tepian Danau Toba

Cita Zenitha, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 406 2690490 dikenal-kampung-kanibal-ini-5-fakta-huta-siallagan-di-tepian-danau-toba-ZturzQ2quD.jpg Huta Siallagan di Pulau Samosir, Sumatera Utara (Foto: Indonesia Travel)

MENGULAS fakta menarik Huta Siallagan, kawasan wisata di tepian Danau Toba, Desa Siallagan Pinda Raya, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Ada jejak praktik kanibalisme zaman dulu di kampung kuno tersebut.

Huta Siallagan merupakan kawasan wisata budaya Batak Toba. Ada batu besar yang jadi tempat persidangan kejahatan oleh raja Batak.

Jika Anda bertandang ke Danau Toba, jangan lupa melipir ke Huta Siallagan. Anda akan disambut oleh pohon besar yang dibawahnya terdapat batu bersejarah. Batu tersebut kerap disebut sebagai Batu Parsidangan yang dijadikan sebagai pengadilan.

Berikut fakta-fakta menarik Huta Siallagan :

1. Diresmikan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Huta Siallagan sebagai kampung wisata budaya Batak. Jokowi membagikan potret kedatangannya ke Huta Siallagan melalui media sosial resminya.

 

2. Menjadi Destinasi Wisata Menarik

Huta Siallagan menjadi destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Pengunjung akan diperkenalkan budaya Batak di desa tersebut.

3. Sejarah Berdirinya Huta Siallagan

Huta Siallagan yang berlokasi di Kabupaten Samosir, Sumatera utara dahulu kala dipimpin oleh raja bernama Raja Siallagan. Tak ayal, kampung tersebut dinamakan Huta Siallagan yang berarti kampung Siallagan, dalam bahasa Batak.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Batu Persidangan di Huta Siallagan

Ketika sampai di Huta Siallagan, wisatawan akan disambut dengan pohon besar berumur ratusan tahun dan deretan rumah adat batak. Dibawah pohon besar itu terdapat batu berbentuk meja dan kursi melingkar.

Batu tersebut digunakan sebagai tempat eksekusi pelaku kejahatan di kampung Siallagan.

Ilustrasi

5. Kisah Kanibalisme Huta Siallagan

Kanibalisme di kampung Siallagan bermula dari kisah eksekusi mati para penjahat di Batu Persidangan. Hati dan jantung dari penjahat yang telah dieksekusi dimakan oleh raja. Sedangkan, kepalanya di letakkan di gerbang pintu masuk kampung dan badannya di buang.

Demikian 5 fakta Huta Siallagan, desa peninggalan jejak kanibal dari tanah Batak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini