Share

Mengenal Juwet, Buah Legendaris yang Keberadaannya Misterius

Syifa Fauziah, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 406 2690589 mengenal-juwet-buah-legendaris-yang-keberadaannya-misterius-2QMh4B8ww1.jpg Juwet atau jamblang (Instagram @the_crazy_indian_chef)

ADA yang pernah dengar buah juwet? Buah legendaris yang konon keberadaannya misterius. Dikatakan misterius karena buah ini sudah jarang ditemui baik di pasar tradisional maupun supermarket.

Di beberapa daerah di Indonesia, buah juwet atau jamblang memiliki nama yang berbeda. Di Aceh misalnya, namanya lebih populer disebut jambu keling. Di Sumatera Barat namanya jambu kalang. Di Jawa namanya juwet, di Flores namanya jambulan.

 BACA JUGA:7 Tempat Wisata di BSD City, Cocok Dinikmati Bareng Keluarga

Zaman dahulu, buah ini sangat populer. Pohonnya biasa tumbuh di tepi-tepi sungai. Banyak anak kecil yang memanjat dan menikmati buah itu dari pohonnya.

 

Jika dilihat dari bentuknya, buah ini berbentuk seperti anggur, namun agak sedikit lonjong dan warnanya hitam. Buah ini memiliki rasa lembut dan manis jika sudah matang.

 BACA JUGA:5 Wisata Bukit Paling Angker di Indonesia, Nomor 3 Ada Hantu Romusha

Sayangnya seiring berjalannya waktu, buah ini sudah jarang ditemui, bahkan hampir tidak pernah. Hal itu karena banyak pohonnya yang sudah ditebang hingga tak tersisa. Tak heran bila generasi sekarang tidak mengetahui buah juwet.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini