Share

9 Tempat Wisata Bekas Peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martapura di Kalimantan

Syifa Fauziah, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 408 2690572 9-tempat-wisata-bekas-peninggalan-kerajaan-kutai-kartanegara-ing-martapura-di-kalimantan-orv9PCQ8i0.jpg Festival Erau di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (kutaikartanegara.com)

ADA beberapa tempat wisata bekas peninggalan Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur yang bisa jadi pilihan liburan. Tempat-tempat tersebut bisa jadi pilihan untuk Anda yang senang berwisata sejarah.

Kerajaan Kutai Martapura merupakan kerajaan Hindu tertua di Nusantara yang berdiri sejak abad ke-4 Masehi. Pusat kerajaannya Muara Kaman yang sekarang masuk dalam Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Pada abad ke-16, Kerajaan Kutai Martapura takluk oleh pasukan dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Sang raja yang berkuasa kemudian menggantikan nama jadi Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martapura.

 BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Terbaik Banda Neira, Serpihan Surga di Timur Indonesia

Seiiring berjalan waktu, Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martapura akhirnya berubah corak dari Hindu ke Islam dan pemerintahannya memakai sistem kesultanan.

Nah, berikut rekomendasi tempat wisata sejarah peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martapura di Kukar.

1. Desa Brubus

Tempat ini merupakan wisata bekas pusat pemerintahan Kerajaan Kutai, tepatnya pada masa Raja Mulawarman. Saat berkunjung ke Desa Brubus Anda akan menemukan sisa peninggalan kerajaan Hindu tertua yang ada di Indonesia.

2. Goa Batu Gelap

Goa Batu Gelap identik dengan legenda rakyat yang masih dipercaya oleh masyarakat hingga saat ini. Berlokasi di Desa Sukamaju, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, tempat ini bisa jadi pilihan untuk berlibur.

 

3. Kutai Lama

Kutai Lama dijadikan sebagai tempat wisata religi, budaya, dan sejarah Kutai. Pengunjung bisa melakukan ziarah ke makam Sultan Aji Raja Mahkota dan Sultan Aji Dilanggar.

 BACA JUGA:7 Destinasi Wisata yang Paling Dikeramatkan di Asia, Nomor 5 Ada di Indonesia

4. Lamin Mancong

 

Lamin Mancong tempat yang menarik untuk dikunjungi. Selain berwisata sejarah, pengunjung bisa berfoto bersama. Lamin Mancong berlokasi di Kampung Mancong, Kecamatan Jempang, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

5. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman salah satu tempat wisata yang cukup populer. Di tempat ini terdapat 5.373 koleksi benda bersejarah, mulai dari perabotan kuno, patung, kamar tidur, dan barang lainnya dari dinasti Ming, Qing, dan Yuan.

Berlokasi di Jl.Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, tempat ini bisa jadi pilihan untuk menikmati sejarah.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Monumen Pancasila

Monumen Pancasila berada di pusat kota Tenggarong, yakni tepat di depan Keraton Sultan Kutai. Di tempat ini banyak relief yang menggambarkan sejarah panjang perjalanan Kutai Kartanegara dari zaman kerajaan sampai dengan era pembangunan.

7. Pulau Kumala

Rekomendasi wisata peninggalan kerajaan Kutai selanjutnya adalah Pulau Kumala. Tempat ini menyediakan berbagai keindahan alam yang luar biasa.

 Ilustrasi

8. Tanjung Isuy

Di Tanjung Isuy terdapat banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Anda juga bisa melihat proses pembuatan ulap doyo, yaitu kain tenun yang dibuat oleh masyarakat Dayak Benuaq.

9. Desa Kedang Ipil

Dan yang terakhir ada Desa Kedang Ipil saat ini masih memiliki adat istiadat yang kental, yaitu Kutai Adat Lawas. Di desa itu masih kental dengan adat ritual, seperti Nyepi, yakni tidak keluar rumah selama beberapa hari, tidak menyakiti dan membunuh binatang, larangan memakan yang bernyawa.

Selain itu ada juga adat lainnya seperti tradisi meninggal dunia, nikah Adat, dan ritual Belian untuk pengobatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini