Share

5 Fakta Unik Thailand, Punya Banyak Jenis Kelamin hingga Pasar Maut

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 22 Oktober 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 20 406 2690961 5-fakta-unik-thailand-punya-banyak-jenis-kelamin-hingga-pasar-maut-vs4ELeviD6.jpg The Grand Palace Bangkok di Thailand (Travel Mania/Shutterstock)

MENGULAS 5 fakta unik Thailand, negara paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara di kawasan Asia Tenggara. Negeri Gajah Putih memang punya sederet keunikan dan banyak tempat wisata menawan yang memikat turis.

Selain itu, Thailand juga punya segudang kuliner khas yang lezat serta masyarakat yang ramah. Hal lain yang menarik adalah Thailand punya spot untuk wisata seks dan kebebasan berekspresi.

 BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Terbaik Banda Neira, Serpihan Surga di Timur Indonesia

Berikut 5 fakta unik Thailand dikutip dari Theplanetd :

1. Nama Ibu Kota Negaranya Sangat Panjang

Thailand sudah mengganti nama Ibu Kotanya Bangkok ke nama aslinya dalam bahasa setempat; Krung Thep. Tapi, ini hanya sebutan singkatnya.

Nama resminya adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom. Ini mungkin nama ibu kota negara terpanjang di dunia.

 

2. Banyak Jenis Gender

Warga Thailand punya lebih banyak jenis kelamin. Umumnya, jenis gender terdiri dari dua yakni wanita dan perempuan. Namun, di Thailand ada lebih dari 15 jenis.

Ini disebabkan banyaknya kaum pria dan wanita di sana yang mengubah gender mereka, sekaligus menerima perbedaan orientasi seks pada masing-masing individu.

3. Banyak Nama Panggilan

Kebanyakan orang Thailand memiliki dua nama – nama lengkap mereka, nama resmi dan nama panggilan mereka. Tapi, tidak seperti di negara lain di mana nama panggilan biasanya hanya versi singkat dari nama asli Anda, nama panggilan Thailand bermakna dan dipilih oleh orang tua Anda saat lahir.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Punya Banyak Susunan Kosakata

Ada 76 huruf dalam alfabet Thailand, termasuk 44 konsonan dan 32 vokal. Bahasa Thailand juga memiliki lima nada, sehingga sangat sulit untuk dipelajari. Di telinga Barat kita, banyak nada yang terdengar sama, tetapi mendapatkan infleksi yang salah bisa membuat perbedaan.

 Ilustrasi

5. Pasar 'Maut'

Disebut pasar maut karena tempat perbelanjaan tradisional ini dibelah oleh rel kereta api yang masih aktif hingga kini. Para pedagang membuka dagangan mereka persis di pinggiran rel kereta. Meski terdengar berbahaya, namun kereta yang melewati pasar ini berjalan dengan pelan. Karena keunikannya, pasar ini pun menjadi daya tarik wisata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini