Share

Dipercaya Bikin Kaya Pemiliknya, Ini 5 Fakta Unik Boneka Arwah Luk Thep

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 23 Oktober 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 21 406 2691694 dipercaya-bikin-kaya-pemiliknya-ini-5-fakta-unik-boneka-arwah-luk-thep-i8HFS5DbIM.jpeg Toko boneka Luk Thep di Thailand (Foto: Post Today via Sindonews)

LUK Thep merupakan boneka arwah dari Thailand yang oleh sebagian masyarakat dipercaya bisa membawa keberuntungan bahkan kekayaan bagi pemiliknya. Ada 5 fakta unik mengenai Luk Thep.

Pada awal 2022, Indonesia sempat dihebohkan dengan fenomena sejumlah artis mengadopsi boneka arwah atau spirit doll.

Namun, jauh sebelum itu, boneka arwah sudah sangat lama dikenal oleh masyarakat Thailand. Di Thailand, boneka ini disebut sebagai Luk Thep.

 BACA JUGA:5 Wisata Bukit Paling Angker di Indonesia, Nomor 3 Ada Hantu Romusha

Berikut 5 fakta unik dan menarik Luk Thep :

1. Pengertian Luk Thep

Luk Thep secara harafiah berarti Malaikat Anak. Hal ini mengacu pada kepercayaan masyarakat Thailand yang menganggap jika arwah para bayi atau anak-anak mendiami boneka tersebut. Arwah-arwah yang bersarang di boneka inilah yang dipercayai bisa membawa keberuntungan, kemakmuran, dan kekayaan bagi pemiliknya.

Sama seperti spirit doll, Luk Thep juga diperlakukan layaknya anak atau bayi, seperti diberi makan, diberi pakaian, dan digendong.

 

2. Bernilai jutaan

Wujud dari Luk Thep sebenarnya mirip seperti boneka-boneka lainnya yang berbentuk bayi atau anak-anak. Namun, harganya sangat berbeda jauh. Di berbagai lapak penjualan online, Luk Thep bisa dihargai sebesar USD 475 atau Rp6,8 juta untuk ukuran 28 inchi.

Produk Luk Thep yang dijual biasanya dilengkapi dengan keterangan sudah menjalani upacara pemasukan arwah.

 BACA JUGA:Gayatri, Wanita Cantik Penunggu Alas Purwo yang Terkenal Angker di Pulau Jawa

3. Punya akses ke pesawat, restoran mewah, dan memakai aksesoris mahal

Orang-orang yang memiliki Luk Thep akan memperlakukan boneka ini layaknya anak sendiri. Sehingga dalam beberapa kesempatan, orang tua Luk Thep akan mengajak mereka naik pesawat, makan di restoran mewah, dan membelikan aksesoris mahal.

Thail Smile Airways juga memberikan izin pada penumpang yang memiliki boneka Luk Thep untuk membeli tiket tambahan atau makanan untuk boneka tersebut.

Tak hanya itu saja, salah satu restoran mewah di Bangkok juga menyediakan makanan mewah bagi Luk Thep.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Dipercaya bisa mendatangkan kekayaan

Tak sedikit masyarakat Thailand yang mempercayai jika Luk Thep bisa mendatangkan kekayaan. Bahkan ada seorang warga yang pernah bersaksi jika ia telah memiliki Luk Thep sejak 2002 saat bisnisnya masih sangat kecil. Setelah sekian lama merawat Luk Thep, bisnisnya kini berkembang sangat pesat.

 Ilustrasi

5. Asal usul Luk Thep

Ada berbagai macam teori mengenai asal usul boneka ini. Salah satunya adalah teori yang mengatakan jika Luk Thep awalnya dipopulerkan oleh Mae Ning.

Mae Ning merupakan seorang penjual boneka yang juga memiliki keahlian dalam ritual Hindu. Ia mengklaim jika dirinya menempatkan roh keberuntungan ke dalam boneka. Cara ini lalu diikuti oleh sejumlah biksu Buddha dan peramal untuk memasukan roh ke dalam boneka dnegan ritual ‘plook sek’.

Kepopuleran Luk Thep kini tak hanya ada di kalangan orang tua saja, namun juga para selebritis Thailand dan orang-orang kaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini