Share

10 Hal yang Harus Diketahui Turis Sebelum Liburan di Jawa Timur, Biar Enggak Kaget!

Cita Zenitha, Jurnalis · Minggu 23 Oktober 2022 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 21 406 2691700 10-hal-yang-harus-diketahui-turis-sebelum-liburan-di-jawa-timur-biar-enggak-kaget-VlaWqv9dTn.jpg Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur (Instagram @kawahijenindonesia)

ADA 10 hal yang biasa bikin turis kaget saat jalan-jalan di Jawa Timur. Provinsi dengan wilayah terluas di Pulau Jawa ini memang memiliki keindahan alam yang apik dan bertabur tempat wisata yang memikat wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Beberapa kabupaten dan kota di Jawa Timur jadi daerah tujuan wisata yang tak pernah sepi dikunjungi turis. Tapi, ada hal-hal yang membuat turis kaget saat liburan ke Jawa Timur.

Nah sebelum berwisata ke Jatim sebaiknya Anda mengetahui dulu hal apa saja itu? Berikut ulasannya :

 BACA JUGA:20 Tempat Wisata di Puncak Bogor, Pilihan Liburan Akhir Pekan yang Menyenangkan

1. Indahnya Matahari Terbit di Bromo

Menyaksikan matahari terbit menjadi agenda penting ketika berkunjung ke Bromo. Turus dapat mengabadikan momen matahari terbit melalui beberapa spot seperti, bukit cinta, bukit kingkong, pos dingklik dan puncak penanjakan.

 Ilustrasi

Gunung Bromo

2. Tidak Akan Merasa Kedinginan

Turis asing yang berasal dari negara dominan bersuhu dingin, tidak akan merasa kedinginan sama-sekali. Beberapa turis sudah membawa jaket tebal lengkap dan berakhir tidak menggunakannya.

 BACA JUGA:9 Tempat Wisata Bekas Peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martapura di Kalimantan

3. Tempat Wisata Selalu Ramai

Jangan kaget ketika sampai di Jawa Timur tetapi tempat wisata selalu penuh. Air Terjun Madakaripura dan Gunung Bromo menjadi dua destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi.

 

4. Beberapa Penjual Memaksa Turis Membeli Dagangannya

Banyaknya pedagang di setiap tempat wisata tentunya bukan hal asing. Namu, di beberapa lokasi wisata Jawa Timur beberapa pedagang sering memaksa turis asing membeli dagangannya. Tak tanggung-tanggung penjual getok harga sesuka hati.

5. Banyak Makanan Murah

Tidak seperti di Bali, makanan di Jawa Timur tergolong lebih murah. Backpacker asing tidak perlu khawatir kelaparan.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Medan yang Tidak Bersahabat

Pelancong harus berhati-hati ketika berkunjung ke berapa tempat wisata. Pasalnya, beberapa medan menuju lokasi wisata sangat licin. Salah satunya medan menuju Air Terjun Tampay Sewu.

7. Turis Asing Menjadi Artis Dadakan

Jangan heran jika sepanjang jalan warga lokal meminta berfoto bersama turis asing. Terkadang, tindakan itu membuat turis tidak nyaman.

 Ilustrasi

8. Nikmati Hidangan Autentik Indonesia

Jika berkunjung ke Jawa Timur jangan lupa untuk menikmati makanan khas Indonesia. Beberapa makanan mungkin terasa aneh di lidah turis asing.

9. Tempat Bermalam Terjangkau

Tidak perlu khawatir juga kemalaman di Jawa Timur. Banyak penginapan dengan harga terjangkau dan nyaman untuk ditinggali.

10. Siapkan e-Toll

Turis asing sering kali kesulitan membayar tol, karena tidak memiliki e-Toll. Untuk itu, sebum ke Jawa Timur jangan lupa membeli e-Toll.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini