Share

5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Backpacker Pemula, Nomor 4 Bikin Apes

Andini Putri Nurazizah, Jurnalis · Minggu 23 Oktober 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 21 406 2692122 5-kesalahan-yang-kerap-dilakukan-backpacker-pemula-nomor-4-bikin-apes-suAznYNeL1.jpg Ilustrasi backpacker (Foto: Totaltravel)

ADA 5 kesalahan yang kerap dilakukan oleh backpacker pemula. Liburan ala backpacker dengan perencana sendiri dan hemat budget sangat digandrungi para milenial.

Gaya backpacker yang ke mana-mana mengenakan tas ransel juga terlihat keren di mata anak muda. Tapi, ada beberapa hal yang harus dipahami oleh para backpaker pemula untuk meminimalisasi kesalahan.

Apa saja? Yuk simak penjelasannya!

Minim Referensi

Internet menjadi gudangnya informasi yang Anda butuhkan. Dengan Internet Anda bisa mendapat banyak referensi tentang tempat tujuan Anda. Tapi jangan puas dengan hanya satu informasi yang Anda dapatkan.

Jika Anda mencari referensi mengenai tempat tujuan Anda, pastikan untuk lebih dari satu sumber yang Anda cari.

Karena referensi yang sedikit, lebih berbahaya dari pada jadwal perjalanan yang terlalu ketat. Akan lebih baik jika Anda juga mencari tahu dengan detail mengenai bahasa lokal disana, norma-norma budaya yang ada, sejarah, hingga letak geografis destinasi tujuan Anda.

Hanya di Tempat Penginapan Saja

Seperti magnet, Anda pasti sering menghabiskan banyak waktu di tempat penginapan. Rasanya tubuh Anda hanya ingin rebahan saja di tempat tidur, tanpa ada yang melarang. Tapi Anda harus ingat, bepergian artinya banyak mengeksplor tempat-tempat baru. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi Anda untuk keluar penginapan dan bertemu masyarakat sekitar.

Dijamin deh Anda tidak akan menyesal, karena Anda akan banyak mendapat informasi dan pengalaman seru dari masyarakat setempat tentang destinasi di sekitar. Selain itu cobalah pengalaman baru dengan bermalam di tempat-tempat berbeda. Misalnya Anda juga bisa mendirikan tenda atau tidur di rumah penduduk.

Follow Berita Okezone di Google News

Membawa Barang Mahal

Membawa barang mahal selama perjalanan, menjadi keputusan salah yang Anda buat. Misalnya Anda memakai iPod untuk mendengarkan musik atau menenteng kamera DSLR. Hal itu nantinya akan membahayakan diri Anda sendiri dari tindak kejahatan.

Jadi upayakan untuk tidak terlihat mencolok ya. Jika memang Anda ingin membawa kamera Dslr untuk mengabadikan momen selama perjalanan, pastikan untuk tetap berhati-hati dengan barang bawaan Anda.

Ilustrasi

Kehabisan Uang di Perjalanan

Dengan budget yang minim, jangan sampai Anda kehabisan uang selama perjalanan. Pastikan untuk membeli hal-hal yang benar-benar diperlukan, dan merencanakan pengeluaran sebelum pergi.

Pertama, Anda bisa mengambil uang melalui ATM. Yang kedua, simpan uang kamu secara terpisah dan rencanakan biaya cadangan jika uang Anda sewaktu-waktu hilang atau dicuri.

Mabuk

Mabuk disini bukan mabuk perjalanan ya, tapi mabuk karena berpesta. Nyatanya tak sedikit para traveler yang mabuk saat traveling. Ada baiknya Anda tidak mencobanya, karena hal ini berbahaya untuk keselamatan dan mengundang tindak kriminal. Selain itu, karena budget Anda juga minim jangan habiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu Anda beli.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini