Share

10 Danau Paling Indah di Indonesia, Pesonanya Menakjubkan bak Kepingan Surga

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 23 Oktober 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 21 408 2692008 10-danau-paling-indah-di-indonesia-pesonanya-menakjubkan-bak-kepingan-surga-EM9oqoAlRH.jpg Danau Toba di Sumatera Utara (Foto: Maritim)

SEDIKITNYA ada 10 danau dianggap paling indah di Indonesia dengan pesonanya yang menakjubkan dan jadi magnet wisatawan. Beberapa di antara danau tersebut ada di atas pegunungan sehingga menyajikan pemandangan yang memanjakan mata.

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa, termasuk danau-danau cantik di dalamnya. Tak sekadar cantik, tapi juga beberapa di antaranya tergolong paling indah di Indonesia.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini 10 danau terindah di Indonesia :

 BACA JUGA:4 Danau Teraneh di Dunia, Punya Kolam Pink hingga Air Neraka

1. Danau Segara Anak, Gunung Rinjani

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Berada di ketinggian 2.010 mdpl, pemandangan danau ini sungguh memesona.

Danau Segara Anak luasnya mencapai 1.100 ha dengan kedalaman 230 meter. Selain itu, keberadaan kolam air panas alami di sekitar danau juga membuat para pendaki semakin betah berlama lama di danau ini.

Terdapat dua sumber air panas di Segara Anak, yaitu Aik Kalak dan Goa Susu. Di Goa Susu biasanya para pendaki yang turun melalui jalur Hutan Torean, kebanyakan akan bermalam di sana.

 Ilustrasi

Danau Sagara Anak (Dok Okezone.com)

Goa Susu merupakan sauna alami tempat para pendaki berendam pada malam hari. Di sana juga diletakkan banyak sesajen oleh umat Hindu.

2. Danau Habema, Pegunungan Jayawijaya

Jayawijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia, dan satu-satunya wilayah bersalju di Nusantara. Gunung ini juga memiliki danau indah, Danau Habema namanya.

Danau Habema dengan nama asli Yuginopa, jadi danau tertinggi di Indonesia. Lokasinya bertepatan di kawasan Taman Nasional Lorentz Papua Barat.

Terletak di ketinggian lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut (mdpl), oleh Masyarakat Dani, penduduk asli Jayawijaya, danau itu dianggap sebagai tempat keramat yang jadi sumber kesuburan dan kehidupan.

 BACA JUGA:5 Misteri Candi Borobudur yang Belum Terpecahkan, Jam Raksasa hingga Danau Purba

Pemandangan di sekitarnya sungguh epik, nuansa alam yang masih sangat alami akan terasa. Cocok bagi Anda yang menginginkan ketenangan.

Rute menuju danau ini memang cukup sulit, yakni sekitar 48 kilometer dari Kota Wamena atau kurang lebih 3 jam dalam menempuh perjalanan.

3. Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

Bagi para pendaki tentunya sudah tak asing lagi jika mendengar nama Gunung Semeru. Serta dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, memiliki ciri khas dengan keberadaan Ranu Kumbolo di atasnya.

Danau Ranu Kumbolo jadi salah satu tujuan para pendaki selain Puncak Mahameru, karena keindahannya. Danau ini berada di ketinggian 2.389 mdpl.

 Ilustrasi

Danau Ranu Kumbolo (Dok Okezone.com)

Danau ini diapit oleh bukit-bukit kecil, pepohonan, airnya pun sangatlah jernih. Anda juga bisa mendirikan tenda untuk bermalam, sebelum menuju puncak Mahameru.

Selain Danau Ranu Kumbi, ada juga danau lain yang tak kalah cantik dan bisa Anda saksikan saat melakukan pendakian ke Puncak Mahameru . Yakni di antaranya Ranu Pani dan Ranu Regulo.

4. Danau Toba

Lalu ada Danau Toba, danau satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bukan bagi Anda. Memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer dan kedalaman 508 meter.

Danau Toba berlokasi di Sumatera Utara (Sumut) dan jadi danau vulkanik terbesar di Indonesia. Bahkan keindahannya pun sudah mendunia, maka tak heran wisatawan mancanegara (wisman) banyak yang datang ke tempat ini.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Danau Sentani

Danau Sentani menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup dikenal, bahkan tak lengkap rasanya apabila ke Papua tanpa menengok danau satu ini.

Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua menjadikan danau terluas di tanah Papua.

Selain itu pada momentum PON 2021, Danau Sentani ikut dipromosikan sebagai destinasi wisata unggulan di Papua.

 Ilustrasi

Danau Sentani

6. Danau Rombebai

 

Danau Rombebai terletak di tepi Sungai Mamberamo atau tepatnya di Kecamatan Mamberamo Hilir, Kabupaten Mamberamo Raya, Provinsi Papua.

Danau ini memiliki luas 13.749 ha, dan menjadi danau terluas dan terbesar kedua setelah Danau Sentani. Rombebai berdekatan dengan aliran Sungai Mamberamo dan berjarak 20 km dari Samudera Pasifik.

Pemandangan di sekitarnya sangat indah. Alamnya masih terjaga, apalagi lebih menarik dikelilingi oleh perbukitan yang diselimuti oleh rerumputan hijau nan segar.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk liburan ke Danau Rombebai, saat ini aksesnya cukup mudah, karena Kabupaten Mamberamo Raya telah memiliki Bandara Kasonaweja.

Perlu diketahui, pesawat yang mendarat di Bandara Kasonaweja sementara ini hanya pesawat kecil. Serta kapasitas penumpangnya antara 8 hingga 10 orang saja. Anda bisa menggunakan pesawat carter, misalnya.

 

Kemudian dilanjutkan menyebrangi sungai, yakni menggunakan speed boat dengan tarif yang berbeda-beda menuju Dermaga Burmeso. Lalu sesampainya di dermaga, Anda bisa melanjutkan dengan kendaraan darat.

7. Danau Begu Ganjang

Danau Toba menjadi bagian dari destinasi super prioritas. Namun danau ini menyimpan sebuah mitos yang menceritakan tentang ikan mas raksasa. Lalu mitos itu menjadi ramai diperbincangkan pasca tenggelam nya kapal KM Sinar Bangun pada 2018 silam. Warga Samosir percaya, bahwasannya penyebab tenggelamnya itu karna ikan mas raksasa yang murka.

Kisah lainnya ada juga Begu Ganjang. Konon dihuni oleh sosok gaib pencabut nyawa yang tinggal disekitar danau. Menurut warga setempat, apabila orang melihat sosoknya, maka itu menjadi pertanda bahwa hidupnya tak kan lama lagi.

8. Danau Biru Kolaka

Lalu ada Danau Biru Kolaka lokasinya Walasiho, Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Tempat ini merupakan danau alami yang terletak hanya 12 meter dari bibir pantai Laut Kolaka dengan dinding tebing karang sebagai pemisah.

Destinasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini menawarkan pemandangan cantik hamparan pasir putih yang dipadu-padankan dengan birunya perairan sekitarnya.

9. Danau Maninjau

Kali ini di Sumatera Barat, Danau Maninjau namanya menjadi salah satu danau yang terkenal karena keindahannya. Kawasan ini terbentuk akibat erupsi gunung Sitinjau, di sekitarnya memiliki keragaman alam dan panorama yang mengesankan.

 Ilustrasi

Terdapat juga spot menarik untuk menikmati keistimewaan dan keindahan Danau Maninjau ini. Maka tak ada alasan bagi Anda untuk tidak pergi ke danau tersebut, karena panoramanya begitu memesona.

10. Ranu Kumbolo

Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Ranu Kumbolo yang terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Kecantikan dari Ranu Kumbolo sudah terdengar sampai ke berbagai pelosok negeri. Banyak pendaki rela jalan berjam-jam untuk mencapainya. Ada yang menjadikan Ranu Kumbolo tujuan utama, atau lokasi singgah semata untuk menaklukkan Keagungan Gunung Semeru.

Dibalik keindahan panoramanya yang begitu cantik, Ranu Kumbolo juga terkenal angker. Kabarnya, ada beberapa pendaki yang melihat sesosok wanita muncul dari tengah danau, terutama bulan purnama.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini