Share

Dear Traveler, Begini Trik Menghindari Biaya Tambahan Bagasi Pesawat di Bandara

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 24 Oktober 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 22 406 2692383 dear-traveler-begini-trik-menghindari-biaya-tambahan-bagasi-pesawat-di-bandara-JrTMxXjVod.jpg Bagasi pesawat (Foto: Tripsavvy)

SAAT pergi menggunakan pesawat terbang, salah satu yang wajib diperhatikan adalah barang bawaan, karena ada ketentuan berat maksimumnya dalam penerbangan. Jika beratnya lebih maka akan dikenakan biaya tambahan.

Maskapai di Indonesia rata-rata meggratiskan bagasi 20 kilogram bagi penumpang pesawat. Tapi, hanya 7 Kg yang dibolehkan masuk kabin, sisanya harus pakai bagasi.

 BACA JUGA:Apa yang Dilakukan Pramugari di Balik Tirai Dapur Pesawat saat Penerbangan?

Tapi, jika beratnya lebih dari ketentuan, maka akan dikenakan biaya ekstra biasanya dihitung berdasarkan kilogram. Harga per kilogramnya berbeda-beda tergantung jarak rute dan maskapainya.

 

Lalu bagaimana trik menghindari biaya bagasi?

Seorang traveler asal Depok, Jawa Barat, Rifai membagikan tips agar terhindar dari kena biaya bagasi di pesawat. Salah satunya jika bepergian sendiri, maka ia hanya membawa backpack saja.

"Kalau sendiri biasanya hanya membawa barang-barang seperlunya," katanya kepada MNC Portal.

 BACA JUGA:Terbang ke Malaysia, Ini 3 Makanan Spesial yang Bisa Dipesan di Pesawat

Sementara di itu, jika traveling bersama rombongan dan membawa banyak maka akan sharing atau berbagi dengan kawan lainnya. Sehingga nantinya tidak perlu membayar biaya tambahan bagasi.

Umumnya maksimum berat bagasi di setiap maskapai penerbangan 7 kilogram. Apabila lebih dari maka Anda akan dikenakan biaya tambahan lagi, dan masing-masing maskapai menerapkan aturan berbeda.

Follow Berita Okezone di Google News

Bagasi merupakan komponen terpenting dalam bepergian dengan pesawat. Terutama bagi penumpang yang selalu memboyong koper dalam ukuran besar.

Sejumlah maskapai penerbangan low cost carrier (LCC) pun sempat menggratiskan layanan ini. Penumpang jadi cukup membayar tiket saja yang sudah termasuk bagasi seberat 10-20 kilogram. Tapi sayangnya, kini layanan tersebut sudah dihapuskan alias berbayar.

 Ilustrasi

Sementara itu, Lion Air dan Wings Air adalah beberapa di antara maskapai LCC yang telah menerapkan kebijakan baru itu sejak 8 Januari 2019.

Adapun tarif yang dikenakan tergantung pada rute yang ditempuh. Misalnya untuk rute Jakarta-Denpasar yang diasumsikan lebih jauh ketimbang Jakarta-Surabaya, harga bagasinya jelas berbeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini