Share

Selamat Hari Santri 2022, Ini 7 Daerah Berjuluk Kota Santri di Indonesia

Nur Afifah, Jurnalis · Sabtu 22 Oktober 2022 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 22 408 2692417 selamat-hari-santri-2022-ini-7-daerah-berjuluk-kota-santri-di-indonesia-4qY2fQLd2G.jpg Menara Masjid Kudus, Jawa Tengah (Foto: Instagram @mbahoerip)

HARI Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015. Peringatan Hari Santri bertujuan untuk menghargai perjuangan para ulama dan santri dalam mempertahankan agama, bangsa, dan negara.

Santri memang punya peran penting dalam membebaskan Indonesia dari penjajahan di masa lalu dan mengisi kemerdekaan. Banyak santri yang menjadi orang-orang penting di negeri ini.

Banyaknya pesantren di Indonesia yang mendidik santri membuat sejumlah daerah punya julukan sebagai Kota Santri. Saking terkenalnya bahkan ada lagu qasidah ‘Kota Santri’ ciptaan H. Suheimi yang populer sejak era 80-an sampai kini.

 BACA JUGA:5 Wisata Religi di Tanah Jawa Cocok Dikunjungi saat Momen Maulid Nabi Muhammad

Berikut 7 Kota Satri di Indonesia yang bisa jadi destinasi wisata religi :

1. Kudus

Kudus di Jawa Tengah dijukuki Kota Santri atau Kota Pesantren. Ya, Kudus memang terkenal dengan pesantren tahfidz Quran. Jadi, jika Anda ingin mahir menghafal Al Quran dengan saja ke Kudus. Di sini ada pesantren tahfidz terkenal di Indonesia namanya Yanbu’ul Qur’an.

 Ilustrasi

Menara Kudus

2. Kendal

Kendal di Jawa Tengah juga masyhur sebagai Kota Santri dan sangat khas dengan pesantrennya terutama di wilayah Kaliwungu. Identitas di kota ini adalah pesantren dengan pendidikan Al Quran. Pesantren yang terkenal di antaranya Daarul Arqom dan Al Fadhlu wal Fadhilah.

 BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta, Wajib Dikunjungi Saat Liburan!

3. Tuban

Kota Tuban di Jawa Timur memiliki pondok pesantren terkenal bernama Langitan, salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Santrinya berasal dari berbagai daerah di nusantara.

Ilustrasi

Masjid Agung Tuban (Instagram)

Pesantren tersebut mempertahakan identitas salaf dengan metode belajar.

4. Banten

Banten juga dijuluki Kota Santri karena banyak memiliki pondok pesantren dan menghasilkan banyak ulama. Identitas pesantren di Banten kini lebih modern dengan memadukan pendidikan Islam dan umum.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Kediri

Kediri di Jawa Timur juga bertaburan pondok pesantren mulai dari pedesaan bahkan area kota. Salah satu ponpes terkenal di Kediri adalah Lirboyo yang merupakan pesantren terbesar di Jawa Timur. Santrinya mencapai belasan ribu orang.

6. Jombang

Jombang di Jawa Timur juga terkenal sebagai Kota Santri. Ada banyak pesantren di sini. Sebut saja pesantren Tebu Ireng, yang merupakan tonnggak penting bagi sejarah Nahdlatul Ulama di Indonesia. Kemudian ada ponpes Wali Songo, Tambak Beras, dan lainnya.

7. Ponorogo

Ponorogo di Jawa Timur juga sangat banyak pesantren, salah satu yang terkenal adalah Gontor. Ada ada Gontor di sini yakni pusat, Gontor 2, dan kemudian Universitas Gontor.

Ilustrasi

Dari pondok pesantren Gontor inilah lahir pesantren-pesantren besar lainnya, seperti Wali Songo Ngabar, Pesantren Muqaddasah, Pesantren Khusus Putri Al Mawaddah, Al Khair Jenangan, dan masih banyak lagi. Makanya, setiap Jumat, Anda akan melihat banyaknya santri di Ponorogo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini