Share

8 Destinasi Wisata Eco Friendly di Indonesia, Cocok Buat Traveler Pencinta Lingkungan

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Rabu 26 Oktober 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 25 408 2694140 8-destinasi-wisata-eco-friendly-di-indonesia-cocok-buat-traveler-pencinta-lingkungan-92cTyPNyvy.jpg Mercusuar di Taman Nasional Baluran (Instagram @canwb)

JIKA Anda bosan dengan lingkungan kota yang penuh kemacetan dan polusi udara, sebaiknya Anda pergi berkunjung ke tempat yang asri dan udara yang sejuk. Anda tak perlu bingung, berikut adala delapan rekomendasi destinasi wisata yang ramah lingkungan atau eco friendly dan sudah dapat dipastikan alamnya sangat terjaga.

Plataran Menjangan

Tak hanya dikenal sebagai pusat wisata budaya dan pantainya, terdapat pula Plataran Menjangan Resort yang terletak di Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat.

 BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Terbaik Banda Neira, Serpihan Surga di Timur Indonesia

Kawasan yang terdiri atas hutan lindung dengan luas 382 hektar, serta dihuni oleh 175 flora, dan 167 fauna. membuat tempat ini mendapatkan penghargaan sebagai World Top Safari Stay oleh Tripadvisor Travellers Choice Award 2021.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran atau Africa Van Java, karena saat musim panas panoramanya terlihat mirip dengan daratan Afrika. Taman ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur.

Memiliki luas area sebesar 25.000 hektar, tak hanya terdapat hutan belantara, terdapat juga wilayah taman baluran yang dijadikan tempat konservasi alam berupa hutan lindung. Dengan wilayah utama berupa hamparan padang rumput yang sangat luas.

 BACA JUGA:Gudangnya Wanita Cantik, Ini 5 Daerah di Indonesia Jadi Destinasi Favorit Bule Cari Jodoh

Luas savana mencapai sepertiga luas keseluruhan taman nasional yaitu 10.000 hektar, menjadikan savana terluas di Pulau Jawa. Tak hanya hutan tempat ini juga memanjakan pandangan hamparan pasir putih bernama Pantai Bama yang sangat indah, uniknya pantai ini merupakan rumah bagi kawanan kera ekor panjang.

Bukit Peramun, Kepulauan Bangka Belitung

Bukit Peramun terletak di Desa Air Selumar, Kepulauan Bangka Belitung. memiliki beragam jenis tanaman membuat keindahan alamnya lebih terasa, Anda dapat menikmatinya dengan berfoto ria dan menyaksikan matahari terbenam yang sangat indah.

lingkungan yang bersih dan terjaga dikelola baik oleh penduduk setempat, dan aturan pengunjung dibatasi agar keasriannya alam tetap terjaga.

 Ilustrasi

Bukit Peramun (MNC Portal)

Pantai Tiga Warna, Malang

Pantai Tiga Warna terletak di kecamatan Sumbermanjing Wetan di pantai selatan Jawa di daerah Malang. Keindahan pantai yang memiliki tiga warna berbeda ini merupakan bagian dari The Clungup Mangrove Conservation (CMC) atau sebagai area konservasi mangrove dan terumbu karang.

Tak heran jika pantai ini juga menyediakan beberapa program konservasi seperti penanaman mangrove, pemasangan terumbu karang buatan, transplantasi terumbu karang, dan pendidikan kelautan untuk anak-anak.

Follow Berita Okezone di Google News

Tanjung Ringgit. Lombok

Tanjung Ringgit terletak di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Lombok Tenggara. Tempat ini dikenal sebagai keindahan alam yang ramah akan lingkungan. terdapat pantai pasir putih, tebing kapur yang dramatis, air laut yang menenangkan, serta Anda dapat snorkeling melihat biota laut yang masih alami.

Sebagian tempat ini digunakan sebagai lahan ekowisata, kehutanan dan pertanian, hal ini yang menjadikan tempat ini ramah akan lingkungan. Pemerintah dan masyarakat pun bekerja sama untuk melestarikan Tanjung Ringgit ini.

Taman Nasional Way Kambas

Terletak di Lampung, Taman Nasional Way Kambas memiliki luas area 125.000 hektar. Taman nasional pertama dan tertua ini menjadi kawasan konservasi Gajah Sumatera.

Anda dapat mengunjungi taman ini bersama buah hati, selain sebagai tempat liburan tempat ini juga dapat dijadikan edukasi, memahami bagaimana merawat alam dan mencintai hewan.

Desa Les

Desa Les populer digunakan sebagai ekowisata dan budaya. Lokasinya berada di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng di Bali. Terdapat 51 Desa Pesisir di sembilan kecamatan di Kabupaten Buleleng, tentu terdapat banyak kekayaan laut yang dimilikinya.

 Ilustrasi

Tempat ini juga dijuluki sebagai tempat penyelamat bagi terumbu karang. Keindahan terumbu karang membuat tempat ini didatangi berbagai jenis ikan-ikan cantik yang menghiasi.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Semenanjung Barat, Kalimantan Tengah. Memiliki luas area 415.040 Hektar yang dijadikan sebagai rumah alami dengan populasi terbesar Orangutan Kalimantan (pongo pygmaeus) yang dilindungi dan dijaga kelestariannya.

Tak hanya itu Taman Nasional Tanjung Puting ini menjadi daya pikat wisatawan karena terdapat hutan hujan tropis tertua di dunia.

Ribuan keragaman jenis hayati flora dan fauna menghiasi keindahan alam nya, membuat taman ini meraih penghargaan Medali Perak pada gelaran Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2018.

Maka Anda dan wajib mendatangi tempat ini karena pesona dan eksotis alamnya tak diragukan lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini