Share

Asal Usul Khodam Macan Putih yang Jadi Pengikut Prabu Siliwangi

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 26 406 2694871 asal-usul-khodam-macan-putih-yang-jadi-pengikut-prabu-siliwangi-AsdsBOZ1VT.jpg Ilustrasi Prabu Siliwangi (Istimewa)

MENGULAS asal usul khodam macan putih yang jadi pengikut Prabu Siliwangi. Raja Pakuan Pajajaran tersebut dikisahkan memiliki kesaktian. Ia sering keluar masuk hutan sehingga disebut punya makhluk pendamping alias khodam berupa macan putih.

Konon, macan putih tersebut mendampingin Prabu Siliwangi kemana pun dia pergi, sehingga tak ada yang berani mengganggunya.

 BACA JUGA:Menelusuri Petilasan Prabu Siliwangi di Kaki Gunung Ciremai, Suasana Mistis Kental Terasa

Prabu Siliwangi pernah masuk ke hutan di wilayah Majalengka hingga ke Curug Sawer.

Prabu Siliwangi datang ke Curug Sawer karena hendak melepaskan lelah, karena sudah berjalan jauh untuk mengembara menelusuri hutan belantara.

 

Ternyata curug tersebut ada penunggunya, yaitu macan putih. Penunggu tersebut merasa terusik dan juga terancam oleh kedatangan Prabu Siliwangi karena telah berani masuk ke dalam wilayahnya.

 BACA JUGA:Mengenal Nogo Runting, Keris Sakti Mandraguna Milik Prabu Siliwangi

Kemudian sang pemimpin macan putih itu memerintahkan pasukannya untuk menganggu Prabu Siliwangi, serta memintanya untuk pergi dari wilayah kekuasaannya tersebut.

Hingga akhirnya terjadilah pertempuran antara Prabu Siliwangi dan sekelompok maung bodas alias macan putih. Pertikaian itu konon berlangsung hingga satu hari lamanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Kemudian Prabu Siliwangilah yang ternyata menenangkannya, ia berhasil mengalahkan pasukan tersebut.

Sementara sebagai pengetahuan, Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi mengawali pemerintahan zaman Pakuan Pajajaran Pasundan, yang memerintah Kerajaan Sunda Galuh selama 39 tahun (1482-1521). Pada masa inilah Pakuan Pajajaran di Bogor mencapai puncak perkembangannya.

 Ilustrasi

Dalam kepercayaan tradisional Sunda Wiwitan, Prabu Siliwangi dihormati sebagai tokoh gambaran pemimpin ideal masyarakat Sunda. Ia dihormati dan diakui sebagai karuhun atau leluhur para menak atau bangsawan Sunda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini