Share

26 Makanan Khas Sunda Paling Populer dan Digemari, Rasanya Lezat Bikin Ketagihan!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 29 Oktober 2022 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 27 406 2695768 26-makanan-khas-sunda-paling-populer-dan-digemari-rasanya-lezat-bikin-ketagihan-bvwedF6oqu.jpg Nasi liwet khas Sunda (Instagram @susan_mellyani)

REKOMENDASI 26 makanan khas Sunda paling populer. Makanan Sunda umumnya identik dengan lalapan dan sambal yang sangat pedas.

Namun, kini banyak ragam makanan khas Jawa Barat yang populer dan mudah dijumpai di beberapa tempat. Tak hanya ada di Jawa Barat makanan khas tersebut bahkan banyak dijumpai di provinsi lain.

Lantas, apa saja makanan khas Sunda terpopuler yang banyak digemari? Simak rangkuman :

1. Gemblong

Gemblong terbuat dari tepung beras ketan putih kemudian gula aren. Rasanya lezat.

2. Opak

Opak adalah camilan tradisional yang renyah semacam kerupuk yang terbuat dari tepung beras yang diberi bumbu.

3. Batagor

Bakso tahu goreng atau Batagor makanan khas Bandung yang mulanya dipengaruhi keturunan TiongHoa. Batagor sendiri terdiri dari siomay goreng dan tahu yang berisi ikan tenggiri. Jajanan satu ini disajikan dengan bumbu kacang, kecap, dan jeruk nipis.

Ilustrasi

Batagor

4. Gepuk

Gepuk terbuat dari daging sapi direbus hingga setengah matang dan dipukul agar empuk. Kemudian, daging di celupkan ke dalam adonan bumbu yang sudah disiapkan sebelum kembali direbus hingga matang.

5. Nasi Liwet

Nasi Liwet sering disajikan saat hajatan masyarakat Sunda. Nasi ini umumnya disajikan dengan tambahan ikan teri, daun serai, tahu, dan juga ayam goreng. Berbeda dengan nasi umumnya, rasa nasi ini sedikit manis dan kental dengan wangi santan kelapa kental.

6. Nasi Timbel

Memiliki rupa yang hampir sama dengan mirip Nasi Liwet, Nasi Timbel umumnya disajikan dengan bungkusan daun pisang. Untuk menikmati hidangan ini, dapat menambahkan sayur asam ataupun ikan asin.

7. Nasi Tutug Oncom

Hidangan yang berasal dari Tasikmalaya ini campuran dari nasi dan olahan kedelai alias oncom. Umumnya nasi ini disajikan dengan tambahan ikan asin, daun pisang, jeruk nipis, ataupun tempe dan jangan lupa sambal hijaunya.

8. Karedok

Tampilannya mirip dengan Gado-Gado, Karedok adalah makanan khas Sunda yang disajikan dengan sayur-sayuran mentah. Yang membedakan adalah siraman bumbu kacang yang melimpah dan tambahan kerupuk bawang di atasnya.

Ilustrasi

Karedok

9. Lotek

Hampir sama dengan Karedok, Lotek adalah makanan khas Sunda yang lebih menyajikan sayur-sayuran rebus seperti bayam, kapri, dan kacang panjang. Umumnya, makanan ini dinikmati bersamaan dengan lontong, nasi, ataupun mi.

10. Bakakak Hayam

Bakakak Hayam adalah masakan khas Sunda yang unik menggunakan dada ayam yang dibelah hingga terbuka dan ditusuk hingga membentuk sebuah bakakak. Cara masak makanan satu ini pun beragam mulai dari digoreng hingga dibakar.

11. Soto Bandung

Soto Bandung adalah makanan khas Sunda yang umumnya menggunakan daging sapi has dalam atau tetelan. Berbeda dengan soto lainnya, soto ini ada tambahan kacang kedelai goreng dan lobak di kuahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

12. Soto Mie

Soto Mie merupakan jenis masakan khas Sunda yang menyajikan mie dengan kuah kaldu yang kental. Umumnya, soto satu ini menggunakan tambahan tauge dan kacang kedelai goreng untuk menambahkan sedikit rasa manis.

13. Mie Kocok

Berbeda dengan mie ayam, mie khas Bandung ini umumnya berbentuk pipih. Mie Kocok menggunakan mie pipih telur dengan kuah kaldu dan kikil.

14. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate khas Sunda yang menggunakan daging sapi atau ayam ini mulanya menggunakan daging babi. Makanan ini terkenal mempunyai cita rasa yang sangat kuat akibat cara masaknya. Dimana daging direndam di dalam bumbu sebelum dibakar.

15. Empal Gentong

Empal Gentong adalah makanan khas Cirebon yang dimasak dengan menggunakan kayu bakar dan gentong. Bahan utamanya berupa daging, usus, dan babat sapi dan dihidangkan dengan nasi atau lontong, dan kucai dengan tambahan santan.

16. Kupat Tahu

Kupat Tahu umumnya dapat ditemukan dengan mudah di kota asalnya yakni Magelang, Surakarta, dan Singaparna. Makanan tradisional khas Sunda ini sangat mirip dengan Tahu Gimbal dari kota Semarang.

Ilustrasi

Makanan satu ini menyajikan kupat dan tahu yang dipotong-potong dan disajikan dengan kol, tauge, dan seledri sebelum semuanya diguyur oleh bumbu kacang. Bumbu kacangnya ada 2 varian yakni bumbu kacang halus dan bumbu dengan kacang yang sengaja digiling secara kasar.

17. Geco

Geco atau Tauge Tauco adalah makanan Sunda yang populer di masyarakat Ciganjur dengan bahan dasar tauge yang disiram dengan tauco. Sebagai pelengkap, Geco dihidangkan dengan irisan ketupat, kentang, tahu, telur, dan juga cuka lahang yang terbuat dari nira.

18. Surabi

Surabi adalah jajanan mirip kue pancake yang sebagian besar menggunakan tepung beras dan santan. Kue tradisional Sunda ini mulanya hanya disajikan dengan tambahan irisan kelapa, namun sekarang sudah banyak yang mencampurkannya dengan coklat, vanila, dan bahkan oncom.

19. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang adalah makanan khas Sunda terpopuler yang memiliki tekstur unik. Kulit Tahu Sumedang terkenal renyah dan kering, sementara tekstur dalamnya sangat lembut.

20. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah makanan khas Sunda terpopuler yang berasal dari Cirebon. Umumnya, Tahu Gejrot dimakan dengan kuah pedas yang telah diberi bumbu. Tahu yang digunakan umumnya tak padat alias kopong.

21. Combro

Combro atau oncom di jero adalah makanan khas Sunda dengan bahan utama singkong. Makanan ini dibuat dengan bawang merah dan bawang putih, serta tambahan cabe rawit dan cabe merah. Perpaduan bahan dan bumbu masakan yang pas membuat Combro terasa pedas dan manis.

22. Bapatong

Bapatong atau bakso ketupat gentong adalah kuliner tradisional Sunda yang menjadikan bakso sebagai bahan utama dengan potongan dadu ketupat yang dilengkapi dengan iga sapi. Makanan ini menggunakan kuah kaldu sapi dengan tambahan mie kering dan pangsit.

23. Cungkring

Cungkring adalah makanan khas Sunda dari Bogor yang menggunakan olahan kaki sapi seperti damrat, kulit, kikil, dan urat sapi sebagai bahan utamanya. Dalam penyajiannya bahan utama Cungkring disiramkan dengan bumbu kacang, bumbu kunyit, kecap, dan juga cabai.

24. Peuyeum

Peuyeum adalah makanan khas Sunda terpopuler hasil fermentasi singkong yang bersifat lebih tahan lama karena kurang berair. Makanan ini dibuat dari singkong yang sudah dipotong dan direndam sampai setengah matang.

25. Dodol Garut

Cemilan khas Sunda ini memiliki banyak jenis mulai dari dodol nanas, dodol, dodol wijen, dan dodol kacang. Dodol satu ini identik dengan tekstur dan kelegitannya.

26. Galendo

Galendo termasuk camilan tradisional khas Sunda dari Ciamis yang menggunakan kelapa sebagai bahan utamanya. Kelapa diolah menjadi serbuk yang kemudian di-press.

Itulah 26 makanan khas Sunda terpopuler.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini