Share

5 Masjid di Dunia yang Dulunya Bangunan Gereja, Nomor 2 Sempat Diubah Jadi Museum

Cita Zenitha, Jurnalis · Sabtu 29 Oktober 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 27 408 2695688 5-masjid-di-dunia-yang-dulunya-bangunan-gereja-nomor-2-sempat-diubah-jadi-museum-Yj0snVYBo8.jpg Hagia Sophia di Istanbul (Foto: Kegubernuran Istanbul)

ADA 5 bangunan masjid di dunia yang ternyata dulunya gereja. Ada alasan tersendiri di balik transformasi rumah ibadah ini.

Bagi umat Islam, masjid tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah, tetapi juga jadi pusat keilmuan dan kemaslahatan. Masjid juga dijadikan sebagai tempat berkumpul dan berdiskusinya orang-orang shaleh.

Berdasarkan sejarah, beberapa masjid di dunia dulunya adalah gereja. Penyebaran agama Islam lah yang menyebabkan peralihan rumah ibadah ini. Tak heran, banyak masjid di dunia yang rupanya menyerupai gereja.

Lantas negara mana yang memiliki masjid tersebut?

Berikut adalah 5 bangunan masjid di dunia yang ternyata dulunya gereja.

1. Masjid Ketchaoua, Al-Jazair

Masjid Ketchaoua banyak mengalami rekronstruksi ketika dialigfungsikan dari gereja menjadi masjid. Masjid yang terletak di Aljazair awalnya berdiri pada tahun 1612.

Tahun 1860 pemerintahan Perancis datang, dan mengubahnya menjadi Gereja Katedral St Phillipe. Kemudian, tahun 1962 diubah lagi menjadi masjid.

2. Museum Hagia Sophia, Istanbul

Hagia Sophia merupakan gereja ortodoks terbesar di dunia milik Kekaisaran Bizantium. Namun, pada 1453, Kesultnanan Ottoman atau Turki Ustmaniyah berhasil menaklukkan Konstantinopel yang merupakan pusat Romawi Timur atau Bizantium.

 BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta, Wajib Dikunjungi Saat Liburan!

Sultan Muhammad Al-Fatih yang memimpin invansi kala itu mengubah Hagia Sophia dari gereja jadi masjid. Nama Konstantinopel juga diubah nama jadi Istanbul.

Setelah Ottoman runtuh, pada 1943, Hagia Sophia sempat diubah jadi museum. Kemudian pada Juli 2022, Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan mengembalikan fungsi Hagia Sophia jadi masjid.

Hagia Sophia kini jadi situs warisan dunia UNESCO dan objek wisata terkenal.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Masjid Umayyah, Damaskus

Dahulu kala, masjid ini adalah sebuah kuil untuk meletakan Dewa Aramean. Umat Kristen datang dan mengubah kuil tersebut menjadi Gereja St. John the Baptist.

Pemerintahan Khalifah Umayyah berhasil mengambil gereja itu. Kemudian, gereja tempat Nabi Yahya disemayamkan diubah menjadi masjid.

4. Masjid Clitheroe, Kota Clitheroe, Inggris

Masjid Clitheroe pertama kali dibangun pada 1743 sebagai tempat ibadah umat Kristen. Karena sudah lama tidak dipakai, gereja itu dialihfungsikan menjadi masjid.

 Ilustrasi

5. Masjid Al-Attarine, Mesir

Bangunan Masjid Al-Attarine di Mesir dulu adalah gereja. Kemudian gereja yang dibangun sejak 370 Masehi itu secara resmi dibuka menjadi masjid oleh Badr Al-Jamali pada 1055.

Demikian informasi mengenai 5 bangunan masjid di dunia yang ternyata dulunya gereja. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini