Share

7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Booking Hotel, Traveler Wajib Tahu!

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2022 21:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 28 406 2696734 7-hal-yang-harus-dipertimbangkan-sebelum-booking-hotel-FVuOGJIOyg.jpg Ilustrasi kamar hotel (Foto: Leelaholidays)

HOTEL menjadi salah satu pilihan menginap ketika seseorang pergi ke suatu tempat untuk liburan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membooking atau memesan kamar hotel.

Hal ini tentu saja untuk kenyamanan Anda sendiri. Jangan sampai hotel yang Anda pesan tidak sesuai dengan harapan.

Berikut adalah 7 hal yang perlu diperhatikan, sesuai dengan pengamalan dari beberapa Okezoners.

1. Tentukan Lokasi Hotel

Kini memesan hotel sudah lebih mudah, Anda bisa mencarinya melalui aplikasi seperti Mister Aladin misalnya. Akan tetapi perlu diperhatikan pula penentuan lokasinya, jangan sampai salah pilih titik di tempat terpencil.

 BACA JUGA:Catat! Ini Daftar Barang yang Boleh dan Tidak Boleh Dibawa dari Kamar Hotel

Usahakan pilih lokasi hotel yang dekat dengan akses jalan besar, pertokoan dan penjual makanan. Guna mempermudah Anda jika kekurangan sesuatu di kala mendesak.

2. Cek Fasilitas Kamar

Hal terpenting lainnya adalah mengecek fasilitas kamar, apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan. Pastikan juga, bahwa fasilitas yang tertera di aplikasi benar-benar tersedia.

Selain itu, Anda bisa menghubungi customer service hotel apakah fasilitas yang tercantum benar-benar siap. Jika ada kekurangan, Anda bisa langsung memintanya.

3. Cek Wifi

Saat ini jaringan internet sangatlah luas, termasuk wifi dengan mudah bisa Anda dapatkan di semua tempat termasuk hotel. Apalagi jika Anda ingin staycation, pentingnya jaringan wifi untuk menambah kepuasan fasilitas kamar.

Sebelum check in, tanyakan kepada pihak hotel apakah wifi di hotelnya bisa langsung diakses atau memakai kode tertentu agar Anda bisa menggunakannya.

 BACA JUGA:Hotel Mewah di Gading Serpong Ini Punya Robot yang Jadi Pelayan? Simak Review-nya dari Adhe Tora TV

4. Sesuaikan Budget

Pilihlah hotel yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai ketika Anda memilih kamar, malah kekurangan uang dan akhirnya menjadi masalah.

Selain itu Anda juga jangan heran, jika hotel yang dipesan harganya cukup terjangkau maka fasilitas dan pelayanan yang diberikan pun sesuai dengan biaya dikeluarkan.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Cek Bangunan Hotel

Mengecek bangunan hotel juga sangat penting, lho karena hal ini berkaitan dengan kenyamanan Anda selama menginap. Jika bangunan sudah tua, maka pastikan keamanannya, apakah ada genteng bocor hingga memastikan semua alat-alat di dalamnya masih berfungsi dengan baik.

Kemudian arsitekturnya pun sangat penting. Jika hotel yang didapat berkonsep kekinian dan instagramable, maka akan menguntungkan bagi Anda yang hobi foto-foto.

6. Perhatikan Rating Hotel

 

Hal yang harus Anda perhatikan sebelum check in adalah rating atau penilaian customer lain, terhadap hotel yang akan disinggahi.

 Ilustrasi

Penilaian itu bisa Anda lihat di aplikasi, mulai dari bintang yang diberikan hingga komentar yang ditinggalkan. Jika terkesan cenderung buruk, maka Anda masih punya waktu memilih hotel lainnya.

7. Aturan Hotel

Meskipun SOP setiap hotel hampir sama, namun biasanya beberapa diantaranya menerapkan aturan khusus. Misalnya, apakah di hotel yang akan Anda tinggali boleh membawa hewan peliharaan seperti kucing. Jika diperbolehkan, tata tertib apa saja yang perlu dipatuhi, apa terkena biaya tambahan lagi.

Aturan hotel yang paling banyak diterapkan adalah dilarang membawa alat-alat masak, hingga makanan berbau tajam seperti durian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini