Share

Sandiaga Uno Dorong Eksplorasi Kuliner Indonesia demi Dongkrak Perekonomian Bangsa

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Minggu 30 Oktober 2022 21:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 30 406 2697517 sandiaga-uno-dorong-eksplorasi-kuliner-indonesia-demi-dongkrak-perekonomian-bangsa-tbWqkuDFpg.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: MNC Portal/Kiki Oktaliani)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan Festival Jajanan Bango (FJB) yang berakhir pada Minggu (30/10/2022).

Kegiatan yang berlangsung sejak Jumat lalu itu dihelat di Plaza Parkir Timur, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

Menurut Sandiaga, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara Kemenparekraf RI dengan Unilever Indonesia melalui Bango dalam memperluas pemasaran produk bumbu rempah Indonesia.

“Tema 'Kenali Rasanya Indonesia' yang diangkat di Festival Jajanan Bango kali ini diharapkan mampu merepresentasikan kekayaan ragam kuliner bangsa, yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner yang paling kaya di dunia," ucap Sandiaga di lokasi acara.

Kecap lanjut Sandiaga, merupakan salah satu bumbu yang menjadi ciri khas yang mempersatukan keragaman kuliner Indonesia.

Infografis Kuliner Banda Aceh

Mantan Wagub DKI Jakarta itu juga mengimbau masyarakat agar terus mengeksplorasi kekayaan kuliner Indonesia guna mendorong citra para UMKM khususnya di sektor kuliner.

“Eksplorasi kekayaan kuliner Indonesia perlu terus dilakukan untuk mendorong citra para UMKM sektor kuliner yang mampu berkontribusi pada perekonomian bangsa," serunya.

Dirinya menilai, gelaran festival semacam ini dapat memperkenalkan beragam kuliner otentik milik Indonesia.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan gelaran tahunan Festival Jajanan Bango sebagai salah satu medium yang efektif untuk memperkenalkan aneka kuliner otentik sekaligus sosok-sosok pengusaha UMKM kuliner tradisional yang legendaris kepada masyarakat luas," terang Sandiaga.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, kegiatan ini turut dihadiri sejumlah pejabat lainnya di antaranya Menlu Retno Marsudi, Menhub Budi Karya Sumadi, dan politisi sekaligus pengusaha, Triawan Munaf.

Para menteri tersebut juga seolah tak mau ketinggalan untuk mencicipi beragam kuliner yang ada di acara Festival Jajanan Bango.

Mereka kompak mendorong semangat masyarakat untuk mengenali, membanggakan, dan melestarikan kuliner Indonesia.

Infografis Kuliner Mandalika

Sebanyak 90 jenis kuliner disajikan dan dibagi ke dalam beberapa area seperti area Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, hingga area Kalimantan.

Berbagai kuliner seperti dari Mi Aceh Seulawah, Sate Padang Ajo Ramon, soto legendaris Betawi yakni Soto Betawi H. Ma’ruf, hingga Resto Yougwa Danau Sentani Batu Ceper dapat menjadi pengobat rindu para perantau yang mungkin sudah lama tak mudik ke kampung halaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini