Share

Tuntaskan Kunjungan ke 50 Besar Desa Wisata ADWI 2022, Sandiaga: Setiap Desa Punya Kesan Tersendiri

Nur Afifah, Jurnalis · Rabu 02 November 2022 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 406 2698586 tuntaskan-kunjungan-ke-50-besar-desa-wisata-adwi-2022-sandiaga-setiap-desa-punya-kesan-tersendiri-UnFO9okIDP.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menuntaskan visitasi ke 50 desa wisata di Tanah Air dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dengan adanya 50 desa wisata terbaik dalam ADWI 2022, lanjutnya, diharapkan dapat menjadi simbol kebangkitan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19.

“Tujuan program ADWI ini agar semakin mendorong daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara,” ucap Sandi melalui keterangan resminya.

Para pemenang disebut akan diberikan pendampingan agar semakin kompetitif dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk perkiraan ancaman resesi global di tahun depan.

Infografis Desa Wisata

“Namun, saya yakin dengan desa wisata kita mampu memberikan solusi untuk kebangkitan ekonomi kita. Saya ucapkan selamat, termasuk desa wisata terfavorit Buluh Duri yang mengembangkan potensi alam dan mampu mendapatkan 140 ribu likes di sosial media,” ungkapnya.

Semua program ADWI akan dilengkapi dengan pelatihan, pendampingan, termasuk pemasaran potensi wisata dan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng mitra seperti BCA, Astra, Grab, dan Adira untuk mendukung pembiayaan di desa wisata.

Sebagai dukungan terhadap pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Kemenparekraf menargetkan tahun 2024 bakal ada 244 desa wisata yang telah tersertifikasi sebagai desa wisata mandiri.

Follow Berita Okezone di Google News

Tahun 2023, lanjut Sandiaga, Kemenparekraf juga menargetkan 75 desa wisata terkurasi yang berarti ada penambahan 50 persen dari tahun sebelumnya.

“Tahun lalu saya road trip dan tahun ini juga saya road trip, setiap desa memiliki kesan tersendiri, dan rata-rata saya tidur di homestay dan penginapan sekitar desa tersebut untuk merasakan kehangatan masyarakat di sana. Jadi kekuatan desa ini selain alam dan budaya adalah masyarakatnya, Nature, Culture, and People,” demikian Sandi.

Untuk Nama-Nama Desa Penerima Penghargaan Malam Anugerah ADWI 2022 bisa dilihat melalui laman https://jadesta.kemenparekraf.go.id/.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini