Share

Bandara Ini Ditutup Selamanya Setelah 17 Tahun Beroperasi, Apa Alasannya?

Andini Putri Nurazizah, Jurnalis · Kamis 03 November 2022 01:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 01 406 2698753 bandara-ini-ditutup-selamanya-setelah-17-tahun-beroperasi-apa-alasannya-vR6zOhWfiq.jpg Bandara Doncaster Sheffield di Inggris (Foto: The Sun)

DONCASTER Sheffield Airport atau Bandara Robin Hood di Finningley, Inggris resmi ditutup untuk selamanya mulai 31 Oktober 2022, setelah 17 tahun beroperasi. Alasan ditutup karena kekurangan biaya operasional.

Penerbangan terakhir dari Bandara Doncaster Sheffield lepas landas pada Sabtu lalu dan tiba di Katowice, Polandia pada pukul 22.55 waktu setempat.

Meski sudah ditutup, tapi sejumlah penerbangan TUI masih akan mendarat di bandara tersebut hingga 4 November 2022.

 BACA JUGA:Miris! Koper Hilang di Bandara, Janda 78 Tahun Ini Gagal Kuburkan Abu Jenazah Suaminya

Melansir dari The Sun, Rabu (2/11/2022), Peel Group selaku pemilik mengatakan bahwa Bandara Doncaster Sheffield tidak lagi layak untuk beroperasi, karena kurangnya pemasukan dan biaya operasional yang tinggi.

Namun, para warga menyayangkan keputusan penutupan Bandara Robin Hood. Mereka menilai bandara ini punya landasan pacu yang bagus. Bandara ini juga masih banyak digunakan orang yang kembali ke Inggris.

 

"Banyak orang menggunakannya. Awak dalam penerbangan kami berada di penerbangan kedua dari belakang dan mereka menangis," kata seorang wisatawan kepada BBC.

Masyarakat sudah menggalang petisi dengan mengumpulkan 100.000 lebih tanda tangan untuk meminta Bandara Robin Hood tidak ditutup. Ratusan orang juga berbaris menjaga agar bandara tersebut tetap dibuka pada Minggu lalu.

 BACA JUGA:Bandara SSK II Pekanbaru Kembali Layani Penerbangan ke Singapura, Yuk Pelesiran!

"Kami menyadari bahwa ini akan menjadi kekecewaan besar bagi banyak orang," kata Chairman Peel Airports Group, Robert Hough menyikapi penolakan warga terhadap keputusan menutup bandara.

"Masalah yang sulit dipecahkan tetap menjadi kurangnya aliran pendapatan saat ini atau prospektif yang mendasar dan tidak mencukupi, bersama dengan biaya operasi bandara yang tinggi," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Kondisi ini juga diperparah dengan maskapai Wizz Air yang menarik diri dari bandara Doncaster Sheffield, hanya menyisakan penerbangan TUI yang beroperasi.

Selain itu dampak dari pandemi tahun 2020 juga masih berimbas bagi bandara Doncaster Sheffield.

Oleh karena itu, penutupan bandara ini juga akan berdampak bagi ribuan penerbangan per tahun. Menurut perusahaan analitik penerbangan Cirium, tercatat sebanyak 4.609 penerbangan pada 2019, dilakukan oleh bandara ini.

 Ilustrasi

Sebanyak 300 penerbangan dibatalkan antara November 2022 sampai Maret 2023, untuk maskapai penerbangan Inggris Loganair.

Sementara British Airways mengkonfirmasi sekitar 10.000 penerbangan akan dibatalkan hingga Maret 2023.

Wizz Air juga mengkonfirmasi bahwa hampir semua penerbangan dari Bandara Cardiff akan terpengaruh selama enam bulan ke depan, dengan alasan "tekanan ekonomi".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini