Share

Nonton Piala Dunia 2022 di Qatar, Ini 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan!

Andini Putri Nurazizah, Jurnalis · Jum'at 04 November 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 406 2699689 nonton-piala-dunia-2022-di-qatar-ini-4-hal-penting-yang-harus-diperhatikan-G57yUR6SqD.jpg Qatar (Foto: Reuters)

QATAR jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Bagi traveler yang mau nonton langsung kompetisi sepak bola paling akbar sejagat yang digelar mulai 20 November sampai 18 Desember tersebut, wajib memperhatikan berbagai aturan lokal.

Analis keamanan di Riskline, Inggris, Diego Maloney memperingatkan para penggemar Piala Dunia yang akan pergi ke Qatar untuk memperhatikan apa saja yang tidak boleh mereka lakukan selama berada di negara kaya tersebut.

Menurutnya jika melanggar undang-undang Qatar, siapa saja bakal dihukum.

Untuk itu berikut adalah daftar hal apa saja yang tidak boleh Anda lakukan di sana, atau Anda akan mendapatkan masalah besar sebagaimana dilansir dari Mirror :

Dilarang Minum Alkohol

Qatar telah memberlakukan kontrol yang ketat terhadap keberadan minuman beralkohol. Bahkan hotel Internasional pun memberikan pajak yang sangat tinggi bagi yang ingin meminumnya. Untuk takaran minuman kurang lebih setengah liter, Anda harus membayar sekitar Rp360.000.

Tapi mereka yang dapat minum harus membeli paket perhotelan untuk menonton pertandingan. Untuk itu Diego memperkirakan Qatar akan menurunkan biaya normal, untuk menarik lebih para wisatawan.

Ilustrasi

Hotel di Qatar

Meski demikian, sebaiknya hal ini harus tetap Anda hindari ya! Jangan sampai Anda terlena dengan harga yang ditawarkan. Diego juga menjelaskan kemungkinan adanya denda yang besar dan hukuman penjara enam bulan, bagi siapa saja yang ketahuan mabuk di depan umum seperti pada waktu normal.

“Setelah turnamen selesai, hukum akan ditegakkan sepenuhnya, yang mengkhawatirkan orang-orang yang dipenjara di sana,” ungkapnya.

Tapi belum lama ini panitia penyelenggara Piala Dunia Qatar 2022, telah melonggarkan aturan minuman beralkohol dengan membuka area khusus untuk pendukung yang ingin meminum minuman keras ini. Tempat itu akan tetap dipantau oleh petugas disana, untuk menghindari gangguan berbahaya di tempat umum.

Peringatan juga diberikan jika penggemar mencoba menyelundupkan minuman keras ke dalam stadion, hal tersebut bisa menjadi masalah besar bagi Anda di Qatar. Jadi jangan coba-coba ya!

Aturan Berpakaian

Dengan hukum syariah yang berlaku disana, para penggemar dihimbau untuk berpakaian sopan dan menutup aurat selama berada di Qatar. Contohnya seperti yang dilakukan fans pada foto diatas, dengan pengawasan yang ketat disana sudah dipastikan orang tersebut akan diperingatkan untuk memakai bajunya kembali.

“Melepas baju Anda di Zona penggemar akan datang dengan setidaknya peringatan dan menuntut Anda mengenakan kembali baju Anda,” klaim Diego.

Untuk itu, bagi para pria tidak diperbolehkan untuk memakai pakaian yang memperlihatkan bahu dan lutut. Anda bisa menggunakan celana kargo panjang dan celana chino panjang. Sementara untuk wanita, bisa menggunakan pakaian yang menutupi bahu serta tidak memperlihatkan belahan dada.

Diego juga memprediksi aturan berpakaian akan jauh lebih ketat lagi jika Anda berada di sekitar gedung-gedung penting, dan masjid.

Follow Berita Okezone di Google News

Memperlihatkan Hubungan di Depan Umum

Qatar sangat melarang LGBTQ. Sayangnya belum lama ini pihak penyelenggara memperbolehkan kaum pelangi tersebut untuk sekedar bergandengan tangan di sana.

Tapi balik lagi, bagi masyarakat Qatar hal tersebut bisa saja masih asing untuk dilihat. Jadi jika mereka para kaum LGBTQ yang berani berpegangan tangan, bisa saja akan menjadi pusat perhatian daripada pasangan heteroseksual yang melakukannya.

“Jika Anda adalah anggota komunitas LGBTQ, berpegangan tangan akan mendapatkan lebih banyak perhatian daripada jika pasangan heteroseksual melakukannya,” ungkapnya.

Perlu dicatat juga berciuman di negara ini sangat tidak diperbolehkan di depan umum. Apalagi bagi pasangan yang belum menikah. Diego juga belum memastikan hukum apa yang akan mereka terima jika melanggar. Untuk itu hindari untuk melakukan hal-hal tersebut ya!

Keamanan Ketat

Sebagai negara yang akan didatangi banyak penggemar sepak bola dari seluruh dunia, Qatar telah memasang sekitar 15.000 kamera pengenal wajah di seluruh area publik, penggemar, dan stadion, untuk selalu memantau tingkah laku para penggemar.

Ilustrasi

Bagi pengunjung yang tertangkap melanggar aturan, maka harus bersiap-siap didatangi petugas polisi yang berjaga-jaga disana. Diketahui ada sekitar 5.000 petugas tambahan yang sudah dilatih untuk mendukung turnamen sepak bola terakbar ini.

Diego juga menyarankan untuk tidak merekam terlalu banyak di ponsel Anda, karena para penggemar telah diminta untuk tidak melakukan hal tersebut. Kenapa? Hal itu akan tidak disukai oleh pihak penyelenggara, bahkan mengirim teks dan video akan menjadi kesalahan karena pesan Anda dapat dipantau.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin terbang ke Qatar untuk menyaksikan gelaran sepak bola terakbar di seluruh dunia ini, pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan disana.

Salah satunya di situs saran perjalanan Kantor Luar Negeri Qatar, akan mencakup informasi terkini tentang persyaratan masuk, undang-undang dan bea cukai setempat, serta informasi penting lainnya mengenai Piala Dunia Qatar 2022. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini