Share

Bukan Hanya Oplas, Ini 5 Fakta Unik Korea Selatan yang Kpopers Harus Tahu!

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 05 November 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 03 406 2700290 bukan-hanya-oplas-ini-5-fakta-unik-korea-selatan-yang-kpopers-harus-tahu-BBNneuswNw.jpg Seoul, Korea Selatan (Foto: livingnomads.com)

MENGULAS 5 fakta unik Korea Selatan yang kini jadi salah satu destinasi wisata favorit para milenial. Kepopuleran Korea Selatan kian meningkat berkat industri hiburannya, seperti drama Korea dan musik Kpopnya.

Selain hiburannya, Korea Selatan juga dikenal dengan trend operasi plastik alias oplas. Tak sedikit turis yang datang ke Korea Selatan hanya untuk operasi plastik.

Namun, selain itu rupanya ada 5 fakta unik lain Korea Selatan. Tentu saja Kpopers atau penggemar Kpop wajib tahu. Apa saja ya?

 BACA JUGA:10 Tempat Wisata di Itaewon Korea Selatan, Pusat Kuliner hingga Masjid Megah

1. Bisa menemukan wifi di mana-mana

Sudah menjadi rahasia umum jika Korea Selatan menjadi salah satu negara dengan koneksi internet tercepat. Untuk merasakan kecepatan internet di Korea Selatan juga tak sulit. Ada banyak konektivitas WiFi di sana, bahkan Anda bisa terhubung secara cuma-cuma alias gratis.

2. Hitungan umur yang berbeda

Masyarakat Korea Selatan memiliki hitungan umur yang berbeda dengan negara lain. Umumnya, seseorang akan berusia 0 ketika dilahirkan. Namun, di Korea seorang bayi yang baru lahir dianggap sudah berusia 1 tahun.

 

Selain itu, semua orang Korea akan bertambah usia di malam tahun baru. Meski demikian, mereka tetap merayakan ulang tahun di hari lahirnya.

Karena sistem yang berbeda, jika ada orang asing yang bertanya mengenai usia pada orang Korea, mereka biasanya akan menanyakan “usia internasional” atau “usia Korea”.

 BACA JUGA:7 Makanan Khas Itaewon, Permukiman Multikultural Lokasi Tragedi Halloween

3. Marga-marga yang populer

Korea Selatan memiliki sejumlah marga yang sangat populer. Yang paling populer adalah marga Kim dengan 10,6 juta orang, lalu diikuti marga Lee, Choi, Park, dan Jung.

Sejarah dari marga-marga tersebut tak terlepas dari masa pemerintahan Kerajaan Silla yang berlangsung selama 57 SM - 935 M. Meski memiliki nama marga yang sama, bukan berarti mereka memiliki hubungan darah.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Memiliki 200 jenis kimchi

Kimchi merupakan salah satu makanan ikonik Korea Selatan. Makanan fermentasi ini biasanya disajikan sebagai side dish atau banchan. Dikutip dari Seoulistic, sejauh ini ada sekitar 200 jenis kimchi yang ada di Korea Selatan.

Namun, jenis kimchi yang paling populer adalah kimchi kubis, sawi putih, mentimun, lobak, dan daun bawang.

 Ilustrasi

5. Gaya rambut wanita

Di Korea Selatan, ada tiga jenis potongan rambut yang hampir dimiliki oleh semua wanita. Potongan rambut ini biasanya disesuaikan dengan usia dan status perkawinan.

Wanita muda dan masih lajang biasanya akan memiliki potongan rambut panjang, sedangkan wanita yang sudah menikah memiliki potongan rambut pendek atau setinggi telinga, dan wanita tua biasanya rambutnya dikeriting.

Meski demikian, hal ini tak bisa dijadikan sebagai acuan atas status perkawinan dan lain-lain.

demikian 5 fakta keunikan korea selatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini