Share

13 Fakta Mengejutkan tentang Turki yang Jarang Orang Tahu, Apa Saja?

Dita Mawanda, Jurnalis · Senin 07 November 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 05 406 2701415 13-fakta-mengejutkan-tentang-turki-yang-jarang-orang-tahu-apa-saja-YquBnJ6LvE.jpg Istanbul, Turki (Freepik)

MENGULAS 13 fakta mengejutkan tentang Turki, negara yang pernah jadi pusat pemerintahan Kesultanan Ustmaniyah atau Ottoman, daulah Islam terbesar yang berkuasa selama 8 abad.

Sebelum ditaklukkan pasukan Islam di bawah kepemimpinan Sultan Muhammad Al Fatih atau Mehmet II, Turki pernah jadi pusat Kekaisaran Bizantium atau Romawi Timur.

Turki jadi salah satu destinasi favorit turis Indonesia di luar negeri. Ada banyak situs-situs peninggalan Ottoman yang jadi sasaran banyak wisatawan dari Nusantara. Paling menarik tentu saja Hagia Sophia, gereja ortodoks terbesar yang kini jadi masjid.

Melansir dari The PlanetD, berikut 13 fakta unik Turki.

1. Istanbul mengantungi Eropa dan Asia

Istanbul merupakan satu-satunya kota di dunia yang melintasi dua benua’ Asia dan Eropa. Istanbul yang dulu bernama Konstantinopel terletak di Bosphorus, selat memukau dengan satu sisi di Eropa dan sisi lainnya di Asia.

Sisi Eropa Istanbul terbelah menjadi dua oleh saluran masuk Tanduk Emas sangat cantik. Distrik di kota ini memiliki suasana dan karakter masing-masing, Anda akan menemukan sebagian besar situs terkenal di Kota Tua, Sultanahmet, dan sekitanrya. Kunjungi juga Karaköy dan Nisantasi, Fener dan Balat dengan jalan berbatu yang menghadap ke Tanduk Emas.

 Ilustrasi

Istanbul (Dreamtime)

2. Memiliki salah satu mal terbesar dan tertua di dunia

Salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan tertua di dunia, Turki sangat menarik perhatian Anda yang suka berbelanja barang-barang lokal untuk menjadi kenang-kenangan atau souvenir saat berpergian.

Mal yang dimaksud adalah Grand Bazaar di Istanbul, memiliki nama resmi Kapali Carsi dalam bahasa Turki sudah dibangun sejak 1455, inilah mengapa menjadi mal tertua di pasar dunia. Mal di Istanbul terdapat labirin 61 jalan yang menempati 333 ribu kaki persegi dan mempunyai lebih dari 3 ribu toko.

3. Warga Turki suka minum teh

Orang Turki dikenal sebagai penggemar berat kopi Turki, namun mereka juga suka minum teh. Terdata sekitar 96% penduduk Turki minum satu cangkir teh setidaknya setiap hari. Cara mereka minum pun dibuat khusus, yakni mereka minum teh dengan menyesapnya dari gelas kecil berbentuk tulip.

 BACA JUGA:Houtouwan, Desa Hantu Terlupakan yang Kini Jadi Destinasi Primadona Wisatawan

Tertarik mencoba minuman asal Turki, Anda bisa membeli berbagai rasa teh lokal yang ditawarkan. Anda dapat memesan satu gelas teh dengan sarapan atau setelah makan, bisa juga menikmatinya dengan versi Anda tersendiri.

 Ilustrasi

Anggur

4. Negara yang memproduksi anggur

Mungkin Anda hanya akan mengenal negara yang memproduksikan anggur adalah Prancis, namun nyatanya Turki memproduksi anggur adalah hal yang besar di negara tersebut. Negara ini, salah satu produsen anggur paling awal dan menjadi produsen anggur terbesar keempat di dunia karena iklim dan tanah yang subur.

5. Kaya akan warisan budaya

Fakta menarik lainnya dari Turki, negara ini memiliki banyak fakta sejarah. Terdapat 13 Situs Warisan Dunia (UNESCO) di Turki, tapi tidak semua karena 62 lainnya masih berada di daftar sementara situs warisan dunia.

Situs bersejarah penting sangat banyak di Turki, di antaranya ada Mesolitikum, Ephesus, kota alkitabiah, dan Gallipoli, medan perang dari Perang Dunia Pertama. Tak heran, jika negara in menduduki urutan keenam paling banyak dikunjungi pelancong di dunia.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Lebih dari 80.000 masjid indah

Diketahui negara Turki memiliki sebagian besar penduduknya merupakan muslim sekitar 99%, itulah penyebab mengapa jumlah masjid di negara tersebut sebanyak 82.693. penampakkan masjid yang tentunya membuat Anda memiliki pengalaman budaya dan agama luar biasa, baik Anda muslim atau bukan.

Beberapa masjid juga terbuka untuk wisatawan, termasuk Masjid Sultanahmet di Istanbul. Masjid yang dikenal sebagai Masjid Biru, megah dan memesona dengan langit-angit masjid menjulang tinggi dan ubin yang sangat indah.

7. Banyak produk dari Turki dibawa ke Eropa

Bunga Tulip yang berasal dari Asia Tengah ini, ada juga di taman Turki jauh sebelum mencapai Eropa tengah. Pemerintah memperingati fakta ini dengan menanam banyak umbi di kota terbesar Turki. Anda bisa berkunjung ke kota Istanbul untuk melihat bunga-bunga tulip bermekaran antara akhir bulan Maret dan April.

Selain bunga tulip, Turki juga memiliki ceri dan kopi yang dikirim ke Eropa. Kopi di Turki sangat penting sehingga wanita Turki memiliki hak hukum untuk meninggalkan suami mereka, jika suami mereka tidak dapat menyediakan kopi untuk mereka.

 

Makanan khas Turki yang beraneka ragam juga dieskpor ke Eropa, maka Anda jangan lupakan lezatnya masakan orang-orang di negara ini. Khas kuliner mereka merupakan campuran masakan Asia Tengah, Balkan, Timur Tengah, dan Mediterania.

8. Sinterklas berasal dari Turki

Fakta selanjutnya bahwa asal sinterklas ini bersal dari negara Turki. Ia lahir di Patara Turki, terletak di Turki selatan di pantai Mediterania Turki.

Selain itu, terdapat orang suci lain yang terhubung ke Turki. Kemungkinan, Perawan Maria yang dimakamkan dekat Efesus. Santo Paulus berasal dari Tarsus dan Nabi Ibrahim lahir di Sanliurfa. Ada kemungkinan lain, setelah banjir besar, Nabi Nuh akhirnya berhenti di daratan Gunugn Ararat.

9. Lebih dari 30 bahasa digunakan di Turki

Bahasa resmi Turki 90% menggunakan bahasa Turki, namun lebih dari 30 bahasa minoritas yang digunakan di Turki. Bahasa tersebut, termasuk Zazaki dan Kurmanji dengan bahasa Arab dan Kurdi Utara menjadi dua bahasa lain yang banyak digunakan.

10. Pegunungan besar milik Turki

Suguhan keindahan alam tak tertandingi di Turki, sekitar lebih 130 puncak lebih tinggi dari 2.900 meter (98.000 kaki), dan hampir selusin resor musim dingin dapat Anda kunjungi sehingga Anda bisa menikmati keseruan salju dan musim dinginnya.

11. Negara area sarang penyu

Penyu, hewan lucu ini memiliki sarang pusat mereka berkembang biak di sebelah barat dekat Fethiye Pantai Iztuzu yang besar bagi hewan langka penyu tempayan. Kura-kura ini muncul antara bulan Mei dan Oktober sekitar 300 sarangnya setiap tahun. Pemerintah Turki pun, menjadikannya sebagai tujuan wisata dengan tetap menjaga kelestariannya.

12. Bandara Istanbul pusat penerbangan penting

Bandara Istanbul mendapati anugerah bandara terbaik di Eropa, bandara yang ditata dengan baik dan Turkish Airlines Lounge merupakan salah satunya Tak heran, jika bandara ini menjadi pusat penerbangan penting. Turkis Airlines mempunyai penerbangan yang pergi ke lebih dari 360 tujuan., lho!

 Ilustrasi

13. Tempat persembunyian awal orang Kristen di Cappadoria

Cappadoria merupakan tanah kuno bagi orang-orang Kristen awal bersembunyi di kota-kota bawah tanah dan gua-gua menakjubkan, cerobong asap peri, serta gereja-gereja awal dengan pergi ke Cappadoria.

Di tempat ini juga, terkenal dengan balon udara panas di atas cerobong peri. Anda akan melihat mural religious yang masih terpelihara baik di dinding, dan pastikan Anda menginap di hotel gua mewah. Wilayah ini juga memiliki formasi menakjubkan, sehingga cocok Anda kunjungi untuk melihat keindahan Cappadocia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini