Share

Dear Traveler, Begini Syarat dan Cara Bikin Visa ke Jepang!

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 06 November 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 05 406 2701538 dear-traveler-begini-syarat-dan-cara-bikin-visa-ke-jepang-mE6jn8PouM.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

MENGULAS syarat dan cara bikin visa ke Jepang. Negeri Sakura memang jadi salah satu destinasi favorit bagi warga Indonesia baik untuk liburan maupun melanjutkan pendidikan. Keindahan alam, keunikan budaya hingga kecanggihan teknologi jadi daya tarik Jepang di mata turis.

Bagi Anda yang ingin liburan ke Jepang, tentu harus menyiapkan visa masuk. Berikut panduan dan syarat bikin visa Jepang.

1. Persiapkan Persyaratan Dokumen

Sebelum Anda mengajukan visa yang perlu Anda persiapkan adalah persyaratan dokumennya. Semua dokumen ini dikumpulkan menggunakan kerta jenis A4, termassuk fotokopi KTP. Kemudian Anda satukan seluruhnya dalam satu map.

 BACA JUGA:5 Potret Liburan Rachel Vennya di Jepang, Netizen: Cantik Luar Biasa, Bukan Sembarang Janda

Dokumen sebagai persyaratan di awal, di antaranya sebagai berikut;

Permohonan visa Jepang.

Paspor, minimal masa berlaku 6 bulan.

Pas foto terbaru (6 bulan terakhir), ukuran 4,5 cm x 4,5 cm

Fotokopi KTP.

Bukti pemesanan tiket pulang-pergi Jepang.

Jadwal itinerary.

Rekening koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir.

2. Pengajuan permohonan visa Jepang ke JVAC

Setelah semua persyaratan selesai dikumpulkan dan dirapikan, langkah selanjutya yaitu mengunjungi Japan Visa Application Center (JVAC). Bagi Anda berdomisili di Jakarta, bisa mengunjungi kantor di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

 BACA JUGA:Misteri Bukit Soeharto dan Saksi Kekejaman Jepang

Sebelum Anda datang ke JVAC untuk pengajuan permohonan visa, maka harus reservasi lebih dulu sebelumnya. Hal ini untuk menghindari adanya penumpukan, dan jadwal pengurusan visa Anda pun jadi lancar.

3. Tunggu Proses Aplikasi Visa Jepang

Kemudian selanjutnya yaitu Anda tinggal menunggu proses aplikasi visa ke Jepang di JVAC. Biasanya membutuhkan waktu 5 hari kerja.

Namun diusahakan, jangan terlalu mepet mengurusnya. Tapi Anda sudah mengajukan visa ke Jepang ini jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, minimal 2 bulan sebelumnya. Ini untuk menghindari adanya keterlambatan dalam prosesnya karena penumpukan pengajuan.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Biaya Visa ke Jepang

Adapun biaya visa ke Jepang yang harus Anda bayarkan. Terdiri dari 3 jenis visa, dan salah satunya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan atau tujuannya.

Sebagay pengetahuan, bahwa JVAC hanya menerima uang tunai saja. Jadi Anda perlu mempersiapkan nominal biaya yang sudah ditentukan. Berikut ini jenis visa dan biayanya:

Pertama untuk jenis visa single entry, Anda diminta menyiapkan biaya kisaran Rp400.000.

 Ilustrasi

Kedua adalah jenis visa multiple entry. Untuk ini Anda harus menyiapkan biaya kisaran Rp800.000.

Ketiga yaitu jenis visa transit. Anda harus mempersiapkan biaya pengurusan visa kisaran Rp 90,000.

5. Tes PCR atau Sertifikat Vaksin

Selama masa pandemi, baik perjalanan dalam atau luar negeri Anda diharuskan untuk mempersiapkan persyaratan tambahan. Di antaranya tes PCR atau sertifikat vaksin, guna sebagai antisipasi agar tidak menularkan jenis virus tersebut kepada penumpang lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini