Share

7 Fakta Mengejutkan tentang Yakuza, Gengster Legendaris Paling Berbahaya di Jepang

Cita Zenitha, Jurnalis · Selasa 08 November 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 07 406 2702784 7-fakta-mengejutkan-tentang-yakuza-gengster-legendaris-paling-berbahaya-di-jepang-AhXAPj0Acw.JPG Yakuza Jepang memamerkan tato (Foto: AFP via asiatimes.com)

YAKUZA merupakan gengster sadis yang legendaris di Jepang sekaligus sebagai kelompok kriminal paling berbahaya di dunia. Disering disebut sebagai mafia Jepang, Yakuza tak segan-segan membunuh orang. Solidaritas di antara sesamanya sangat tinggi. Tapi, di balik kekejamannya, Yakuza juga punya jiwa sosial, suka membantu masyarakat.

Yakuza identik dengan tato di seluruh tubuhnya. Pembuatan tato juga tidak sembarangan. Tato dibuat menggunakan tinta dan jarum bambu.

Diperkirakan ada 183 ribu anggota Yakuza aktif di seluruh dunia. Mereka terbagi atas sindikat narkoba, penggelapan uang dan kejahatan lainnya.

 BACA JUGA:Intip Tradisi Bungkus Ulang Jenazah, Penghormatan Buat Para Leluhur di Mamasa

Berikut beberapa fakta menarik tentang Yakuza.

1. Menjadi Anggota Yakuza Melalui Ujian

Sindikat Yakuza yang sangat terkenal di Jepang, Yamaguchi-gumi, membuat ujian kenaikan pada anggotanya. Anggota Yakuza harus mengisi 12 lembar ujian yang diberikan.

Ujian Yakuza berisi pengetahuan tentang Yakuza. Selain itu anggota harus mengetahui tentang undang-undang dan perekonomian Jepang.

 Ilustrasi

Yakuza

2. Makna Tato Yakuza

Yakuza identik dengan tato yang memenuhi tubuhnya. Hanya saja gambar tato berbeda-beda sesuai dengan maknanya. Misalnya tato naga sebagai bentuk kedermawanan.

 BACA JUGA:Bikin Heran, Inilah 5 Tradisi Aneh di Dunia yang Dilakukan Pria

Ada pula tato yang artinya keberuntungan, burung phoenix yang artinya lahir kembali. Selain itu ada juga tato samurai, topeng oni, sakura, harimau, atau anjing foo.

3. Tindakan Yubitsume

Yubitsume merupakan tindakan memotong jari tangan jika melakukan kesalahan. Semakin banyak kesalahan yang dilakukan, maka semakin banyak jari yang dipotong.

Untuk menyamarkan jari yang dipotong, anggota Yakuza menggunakan jari sintetis.

Follow Berita Okezone di Google News

 4. Mengadakan Ritual Sakazukigoto

Ritual Sakazukigoto dilakukan untuk menyambut anggota baru Yakuza. Pada ritual ini seluruh anggota Yakuza akan duduk untuk minum.

Anggota baru berperan sebagai anak dan minum di cangkir kecil. Sedangkan, anggota lama atau pemimpin menggunakan cangkir besar.

 Ilustrasi

5. Membunuh dan Membeton Jasad Korbannya

Tahun 1980 an beredar kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Yakuza. Seorang gadis SMA bernama Junko Furuta diperkosa, kemudian dibunuh. Jasadnya di dimasukan dalam drum, dan dibeton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini