Share

5 Hal Unik yang Hanya Bisa Anda Temukan saat Traveling di Indonesia

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 09 November 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 408 2703217 5-hal-unik-yang-hanya-bisa-anda-temukan-saat-traveling-di-indonesia-dY2ilAC0UM.jpg Ilustrasi (Foto: Freepik)

5 HAL unik yang hanya bisa Anda temukan saat sedang traveling di Indonesia menarik untuk diulas. Indonesia memang punya keunikan yang beragam serta kekayaan alamnya yang luas. Tak heran bila Nusantara ini mengundang daya tarik bangsa luar termasuk tempat wisatanya.

Indonesia juga dikenal memiliki bahasa daerah terbanyak sehingga menarik di mata dunia internasional. Sebenarnya ada beberapa keunikan lain yang belum banyak diketahui orang saat traveling ke Indonesia.

1. Negara dengan bahasa terbanyak kedua di dunia

Indonesia memang punya banyak sekali bahasa yang digunakan di seluruh kepulauan, dengan Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi dari tanah air.

Terdapat 707 bahasa yang ada di Indonesia, menempati posisi kedua dunia di bawah Papua Nugini dengan 840 bahasa.

2. Fenomena halalbihalal

Setiap perayaan Hari Raya Idul Fitri salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yang selalu dilakukan adalah melakukan halalbihalal ke rumah sanak saudara dan tetangga.

Halalbihalal Orang Indonesia

Kebiasaan ini, dilakukan setiap tahunnya di Indonesia, sehingga telah menjadi sebuah tradisi. Ternyata, tidak disangka tradisi ajang silaturahmi ini hanya ada di Indonesia. Istilah untuk halalbihalal sendiri telah dikaji oleh para pakar dan ulama.

3. Api abadi

Api abadi menjadi salah satu daya tarik wisatawan di Indonesia. Api abadi sebenarnya merupakan hasil reaksi dari kandungan mineral bumi yang hampir mirip dengan gas alam, batubara, dan sejenisnya. Kemudian mineral alam inilah yang membuat api terus menyala meskipun perubahan suhu serta cuaca di sekitarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Motor banyak angkut penumpang

Biasanya di negara lain, motor hanya bisa digunakan untuk dua orang. Namun, di Indonesia hal itu berbeda dikarenakan lebih banyak penumpang dibandingkan beberapa jenis mobil

Kedua, Keluarga satu ini mungkin keluarga yang paling jago menjaga keseimbangannya. Dengan tiga anak kecil di samping kiri, beban yang di tumpukan ke bagian kanan tentu sangat besar

Ketiga, tangan kiri ketiga penumpang di belakang sangat kuat, karena bisa menjadi sabuk pengaman bagi ketiga insan yang tampaknya kesulitan bernafas.

Motor Bonceng 4

(Foto: Instagram/@

5. Pasar gelap

Pasar ini definisinya persis secara harfiah dengan namanya. Konon, pasar maling benar-benar berisi barang-barang hasil curian. Jika Anda pernah kecopetan, kemungkinan barang kamu berakhir di pasar ini. Bisa dibilang lost and found deh, itupun kalau beruntung lho ya

Katanya, harga handphone di pasar maling bisa dibanderol dengan harga Rp100 ribu dan harga iPhone 5S bisa dibuka dengan Rp2 juta. Biasanya etalase pasar ini hanya berupa produk yang dialaskan dengan spanduk bekas di atas tanah pinggiran jalan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini