Share

Terungkap! Alasan Kenapa Orang Sunda Sulit Ucapkan Huruf F dan V

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 10 November 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 09 406 2704171 terungkap-alasan-kenapa-orang-sunda-sulit-ucapkan-huruf-f-dan-v-3vtrf70jLB.jpg Ilustrasi huruf abjad (Freepik)

ORANG Sunda pada umumnya sulit melafalkan huruf F dan V. Sunda dikenal memiliki pelafalan huruf abjad yang unik. Mayoritas orang Sunda menyebut huruf F dan V dengan lafal P.

Contohnya dalam pelafalan kata poli untuk kata voli, positip untuk kata positif, tp untuk kata tv, dan lainnya.

Tentunya hal ini menarik perhatian ahli bahasa dan membuat mereka berasumsi terkait fenomena ini. Lantas, apa alasan orang Sunda sulit melafalkan huruf F dan V?

Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini.

Dipengaruhi Arkeologi Bahasa dan Aksara Sunda

Melansir dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), hal itu dipengaruhi oleh kondisi arkeologi Bahasa dan Aksara Sunda ratusan tahun yang lalu. Dimana dalam aksara Sunda yang disebut Kaganga, tak dikenal huruf F maupun V melainkan hanya ada huruf P.

Alhasil mereka pun tak terlatih untuk melafalkan huruf F dan V. Kebiasaan dan pengetahuan yang mengakar sejak ratusan tahun ini pun tertanam di dalam pikiran dan alam bawah sadar orang Sunda.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Sulit Melafalkan Huruf F dan V

Lantaran perkembangan zaman, saat ini banyak orang Sunda yang telah terpengaruh aksara modern. Sehingga, aksara Sunda turut beradaptasi dengan memasukkan huruf F dan V, bersamaan dengan huruf Z, X, dan Q yang sebelumnya juga tidak ada.

Ilustrasi

Sayangnya, hingga kini masih banyak orang Sunda yang kesulitan melafalkan huruf F dan V, serta memilih menggunakan huruf P sebagai ganti kedua huruf tersebut. Hal ini pun menjadi ciri khas dari orang Sunda hingga kiwari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini