Share

10 Oleh-Oleh Khas Amerika Serikat yang Paling Populer, Sovenir NASA hingga Boneka Kachina

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 11 November 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 09 406 2704323 10-oleh-oleh-khas-amerika-serikat-yang-paling-populer-sovenir-nasa-hingga-boneka-kachina-WVTwkgzGjr.jpg Gedung Putih Amerika Serikat (iStock)

ADA 10 oleh-oleh khas Amerika Serikat yang paling populer. Berwisata ke suatu tempat yang baru pernah dikunjungi tentu tak afdal jika tidak membawa pulang oleh-oleh.

Begitu juga ketika Anda mengunjungi Amerika Serikat. Meski terbilang sebagai negara yang penuh dengan modernisasi, bukan berarti tidak ada barang otentik yang bisa Anda jadikan oleh-oleh.

Nah, berikut 10 oleh-oleh khas Amerika Serikat yang paling populer.

1. Sovenir NASA

Badan penerbangan dan antariksa Amerika Serikat atau NASA aktif meneliti dan mengeksplorasi dunia luar angkasa. NASA berpusat di Washington D.C.

 BACA JUGA:10 Oleh-Oleh Khas Toraja yang Unik dan Enak, dari Kuliner hingga Suvenir

Jika berkunjung ke Ibu Kota AS ini, Anda bisa mampir ke NASA untuk membeli beberapa suvernir yang tersendia. Seperti kaos, gantungan kunci, topi, dan lain-lain.

 Ilustrasi

NASA

2. Perhiasan khas Arizona

Jika Anda mengunjungi Arizona, tak ada salahnya untuk membeli perhiasan pirus. Perhiasan dari batu permata ini dulunya memiliki arti khusus bagi penduduk asli Arizona, terutama suku Navajo.

Suku Navajo dulu menggunakan perhiasan pirus sebagai mata uang, simbol kekayaan, dan keberuntungan. Perhiasan pirus saat ini berbentuk anting, cincin, hingga kalung dan bisa Anda dapatkan toko souvenir di sepanjang jalan ke Arizona.

 BACA JUGA:10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan, Yuk Mampir Beli Bawa Pulang!

3. Boneka Voodoo

 

Tidak sulit untuk mencari boneka voodoo di New Orleans. Voodoo sendiri merupakan jenis boneka mistis yang dulunya kerap digunakan para penyihir untuk menyakiti lawannya. Namun, saat ini boneka voodoo digunakan sebagai souvenir atau oleh-oleh.

Anda bisa mendapatkan boneka voodoo sebagai oleh-oleh dengan harga di bawah USD 10. Bahkan bisa lebih murah jika Anda membeli cukup banyak.

 Ilustrasi

Boneka Voodoo

4. Saus BBQ

BBQ atau barbekyu memiliki dua arti, yakni makan makanan yang dipanggang dan pertemuan di luar ruangan. Barbekyu sendiri sangat populer di Amerika Serikat.

Tak heran jika negara ini banyak memproduksi saus barbekyu dengan cita rasa dan bahan dasar yang berbeda-beda. Seperti di Carolina, saus barbekyu berbasis mustard. Sedangkan di saus barbekyu khas Kansas dan Texas sedikit manis dengan basis saus tomat.

5. Permen dan Kue

Permen dan kue lokal Amerika Serikat juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Pasalnya, banyak permen dan kue khas Amerika Serikat yang tidak dijual di luar negara.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

 6. Sovenir Disney

Taman hiburan Disney World di Orlando menyuguhkan berbagai macam souvenir yang tentunya cukup berbeda dengan Disney World di negara lain. Jika Anda berkunjung ke sini, jangan lupa untuk membeli T-shirt, topi, boneka, dan lain-lain.

7. Cokelat Ghirardelli

Cokelat Ghirardelli cukup populer untuk dijadikan oleh-oleh. Cokelat dengan ciri khas pekat ini tersedia dibanyak tempat di Amerika Serikat, namun pabriknya berada di San Fransico. Perusahaan cokelat ini dibawa oleh seorang imigran Italia yang memulai bisnisnya pada 1852.

 

Pada tahun 1982, cokelat Ghirardelli masuk ke dalam daftar sejarah nasional. Sehingga tak salah untuk mencicipi dan menjadikan cokelat ini sebagai buah tangan.

8. Sovenir khas NYC

New York merupakan salah satu kota yang sering dikunjungi turis. Salah satu souvenir yang paling populer dari New York adalah souvenir betulisakan “I Heart (lambang love) NY”. Anda bisa menemukannya di T-shirt, topi, hingga cangkir.

9. Boneka Kachina

Selain voodoo, Amerika serikat juga memiliki boneka unik lainnya. Boneka tersebut adalah kachina yang dikenalkan oleh penduduk asli Arizona dan New Mexico.

 Ilustrasi

Dulunya boneka ini dianggap mewakili roh leluhur. Namun, saat ini boneka ini lebih digunakan sebagai souvenir dengan harga yang relatif terjangkau.

10. Uang Dollar

Siapa bilang Anda tidak bisa membeli uang dollar dalam bentuk lembaran? Di Washington D.C, hal ini bisa terwujud berkat kerjasama antara pemerintang Washington dan Biro Percetakan Uang.

Nah, itulah 10 oleh-oleh khas Amerika Serikat yang paling populer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini