Share

Tegas! Sulbar Larang Pengunjung Pantai Gunakan Wadah Plastik

Nur Afifah, Jurnalis · Jum'at 11 November 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 10 406 2704583 tegas-sulbar-larang-pengunjung-pantai-gunakan-wadah-plastik-59uLj3wSby.JPG Batuan karang di Pantai Labuang, Sulawesi Barat (Foto: Instagram/@putra_ardiansyah_)

PENJABAT Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Akmal Malik meminta semua pihak menjaga kebersihan wisata pantai Labuang Desa Laliko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dari sampah plastik.

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik menyatakan kekagumannya setelah mengunjungi dan menyaksikan pesona wisata Pantai Labuang Desa Laliko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman.

Gubernur mengunjungi wisata pantai tersebut bersama pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polman dan komunitas laut biru yang pada kesempatan itu melaksanakan kegiatan dengan tema menyelam bersama, bersihkan laut, di Pantai Labuang, Desa Laliko.

Ia meminta agar pengelolaan wisata Pantai Laliko yang akan menjadi primadona wisata pantai di Sulbar terus dijaga kebersihannya, agar terbebas dari sampah plastik.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

"Kalau kita ingin membersihkan pantai, maka stop penggunaan plastik agar tidak menjadi sampah, tidak perlu menggunakan plastik untuk minum karena banyak wadah yang dapat digunakan para pengunjung di area Pantai, karena di rumah jabatan Gubernur Sulbar plastik sudah tidak lagi digunakan sebagai wadah untuk minum dan itu dapat dilakukan," paparnya, dikutip dari Antara.

Ia meminta agar dibuatkan Peraturan Desa Laliko yang tujuannya untuk melarang penggunaan plastik digunakan para pengunjung untuk minum, namun menggunakan wadah lain karena akan mengotori wisata pantai yang indah itu.

Dirinya juga meminta agar ke depan Pantai Labuang dapat menjadi pusat kegiatan sejumlah event pemerintah agar pantai tersebut semakin ramai dikunjungi masyarakat sehingga butuh kolaborasi dengan sejumlah pihak mewujudkan itu.

Follow Berita Okezone di Google News

"Ajak dan libatkan anak sekolah, dengan menghadirkan anak Paud, SD dan SMP serta SMA, untuk menggelar berbagai acara di Pantai Laliko, sehingga Pantia tersebut semakin ramai dikunjungi," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Polman, Parial Patajangi, berharap dukungan dari seluruh pihak termasuk pemerintah Provinsi agar pantai tersebut dapat dikembangkan.

Infografis Pantai di Tulungagung

Menurutnya, Pemkab Polman telah menjadikan lokasi Pantai Laliko sebagai destinasi kalender event pariwisata Kabupaten Polman.

"Pantai Labuang memiliki keanekaragaman ekosistem lautnya, dan akan dapat menjadi salah satu potensi untuk peningkatan pariwisata daerah sehingga masyarakat dan penggiat lingkungan terus dilibatkan, menjaga dan mencintai laut, agar tetap bersih di Desa Laliko," kata Parial.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini