Share

Jangan Dilakukan, Berikut 6 Pantangan saat Mendaki Gunung Ciremai

Syifa Fauziah, Jurnalis · Jum'at 11 November 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 10 406 2704694 jangan-dilakukan-berikut-6-pantangan-saat-mendaki-gunung-ciremai-5dfMug69rj.JPG Pendaki Gunung Ciremai, Jawa Barat (Foto: Instagram/@zacky_sibolang)

ANDA ingin menghabiskan waktu luang dengan mendaki gunung? Kegiatan mendaki gunung memang menjadi salah satu alternatif untuk menghabiskan waktu luang, terutama bagi Anda yang suka berpetualang.

Segala usaha Anda yang dilakukan demi bisa menaklukan suatu gunung pasti akan terbayarkan ketika sampai di puncaknya.

Namun, saat Anda mendaki gunung, pastikan Anda sudah mengetahui peraturan atau larangan apa saja yang tak boleh dilakukan mengingat kejadian yang tak diinginkan mungkin saja terjadi jika Anda berperilaku sembarangan dan melanggar berbagai macam pantangan yang ada.

Beberapa pantangan atau larangan diberlakukan demi menjaga lingkungan sekitar, tapi di beberapa tempat pun diberlakukan pantangan dengan alasan lain, yakni karena seringkali memiliki 'nilai sakral' yang diyakini oleh masyarakat setempat.

Salah satu gunung yang memiliki beberapa pantangan adalah Gunung Ciremai di Jawa Barat. Simak ulasan berikut agar pendakian Anda ke Gunung Ciremai dapat berjalan dengan lancar, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Jangan mendaki sambil mengeluh

Mitos beredar bahwa Gunung Ciremai sendiri mampu mendengar keluhan para pendakinya. Parahnya lagi, keluhan itu akan semakin memperburuk keadaan karena keluhan yang Anda ucapkan akan diberikan lebih banyak lagi dan lebih berat di sepanjang perjalanan.

Infografis Gunung di Jawa Barat

2. Jangan lupa mengucap salam

Di setiap pos yang ada, jangan sekali-kali Anda terlewat untuk mengucap salam. Menurut mitos, itu akan dicap sebagai kesombongan oleh penghuni Gunung Ciremai. Akibatnya, makhluk tak kasat mata mungkin akan memberi Anda pelajaran karena dianggap telah berperilaku sombong.

3. Lupa menghentakkan kaki

Banyak mitos populer lainnya yang menyebut sebaiknya para pendaki mengucapkan salam kemudian menghentakkan kakinya ke bumi sebanyak 3 kali sebelum mendaki Gunung Ciremai. Entah maknanya apa, namun itulah yang berlaku di sana.

4. Dilarang mengganggu burung jalak dan tawon hitam

Tak heran jika sedang mendaki gunung, Anda menemukan beberapa jenis binatang. Kalau mendaki Gunung Ciremai, ada dua jenis binatang yang keberadaannya dianggap misterius, yaitu jalak hitam dan tawon hitam.

Si jalak hitam dikenal sebagai binatang penjemput. Sementara tawon hitam keberadaannya bisa dibilang cukup mengganggu. Jangan sekali-kali Anda mengusik keberadaan mereka lho ya!

Follow Berita Okezone di Google News

5. Hindari banyak bergurau

Ibarat rumah yang memiliki 'tuan'-nya, mahluk halus yang diibaratkan sebagai tuan yang menghuni sekitar gunung pun pasti akan terganggu jika ada tamu yang terlalu sering bercanda dan mengganggu ketenangan.

Apalagi ketika bercanda malah keceplosan mengeluarkan kata-kata tak sopan. Selama pendakian penting untuk tetap fokus dan menjaga konsentrasi.

Infografis Gunung Tertinggi di Indonesia

Pernah dengar soal suara gamelan misterius di Gunung Ciremai? Ada yang berpendapat bahwa pendaki yang mendengar suara itu sedang mendapat teguran agar tidak kebanyakan tertawa ketika mendaki.

6. Tidak menjaga kebersihan

Lagi-lagi ibarat sebagai tuan rumah, Anda pasti keberatan jika ada tamu yang mengotori rumah Anda, bukan? Jagalah kebersihan selama melakukan pendakian termasuk saat buang air besar atau kecil. Jangan sampai membuat para penghuni marah!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini