Share

Misteri Arca Totok Kerot, Bisa Berubah Jadi Putri Cantik Jelita

Syifa Fauziah, Jurnalis · Jum'at 11 November 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 10 406 2704949 misteri-arca-totok-kerot-bisa-berubah-jadi-putri-cantik-jelita-zEkPI2jtuq.jpg Arca Totok Kerot di Kediri (Istimewa)

KEDIRI, Jawa Timur dikenal dengan sejarah kerajaannya yang masih sangat kental. Salah satu peninggalan sejarah di Kediri adalah Arca Totok Kerot.

Arca Totok Kerot merupakan prasasti peninggalan Raja Sri Aji Jayabaya yang berkuasa pada 1135 hingga 1157 Masehi. Dia merupakan raja yang sangat terkenal dengan kesaktiannya di masa itu.

Lantas apa hubungannya Raja Sri Aji Jayabaya dengan patung Arca Totok Kerot? Berikut ulasannya.

 BACA JUGA:10 Tempat Wisata Terkenal Paling Horor di Pulau Jawa, Menyimpan Cerita Misteri yang Menyeramkan

1. Arca Totok Kerot adalah patung kutukan

Konon, patung tersebut merupakan kutukan sang raja terhadap seorang putri dari Blitar yang hendak melamarnya. Namun lamaran itu ditolak oleh raja.

 Ilustrasi

Karena penolakan itu, sang putri mengancam akan melakukan keributan hingga terjadi peperangan antar Kerajaan Blitar dan Kerajaan Kediri. Kemudian raja pun mulai geram dengan kelakuan sang putri yang seperti buto atau raksasa, hingga terbentuklah patung raksasa bernama Totok Kerot.

 BACA JUGA:5 Lokasi Syuting Film Horor di Dunia yang Menyeramkan, Cocok Buat Halloween

2. Ciri-ciri Arca Totok Kerot

Arca Totok Kerot berbentuk seperti raksasa dengan rambut panjang dan terurai. Patung itu terlihat sedang berpose jongkok beserta mata melotot, kalung, dengan lengan kiri yang putus.

Arca ini diketahui sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Lengannya dikabarkan putus karena penjajah Belanda meminta mengangkat arca itu ke lokasi tersebut, sehingga lengan tersebut jatuh dalam prosesnya.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Arca Totok Kerot masih hidup

 

Menurut berita yang ramai di tengah masyarakat, patung Arca Totok Kerot masih hidup hingga kini. Patung tersebut kerap mendatangi masyarakat secara langsung atau dalam mimpi. Dalam wujudnya, Arca Totok Kerot berubah menjadi putri cantik dengan penampilan khas putri kerajaan.

 

4. Bisa berpindah tempat

Arca Totok Kerot dipercaya bisa berpindah tempat sendiri. Sebelumnya arca ini berada di Desa Bulupasar, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri kemudian dipindahkan ke Alun-Alun Kota Kediri oleh orang-orang. Namun arca tersebut kembali lagi ke tempat asalnya dalam waktu semalam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini