Share

Wisata Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya 'Dipercantik', Habiskan 5.000 Liter Cat!

Prisca Arianto, Jurnalis · Sabtu 12 November 2022 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 406 2705292 wisata-kota-tua-padang-dan-jembatan-siti-nurbaya-dipercantik-habiskan-5-000-liter-cat-YhAVJr8lpZ.JPG Jembatan Siti Nurbaya akan dipercantik demi gaet wisatawan (Foto: ANTARA/Iggoy El Fitra)

PEMERINTAH Kota Padang mempercantik kawasan kota tua dan Jembatan Siti Nurbaya yang merupakan salah satu destinasi wisata di daerah itu dengan melakukan pengecatan ulang bekerja sama dengan salah satu produsen cat di Tanah Air.

"Kawasan Kota Tua yang berada di Kecamatan Padang Selatan merupakan salah satu destinasi wisata dengan nuansa tempo dulu, kami memperindah kawasan tersebut dengan mengecat kembali bangunan-bangunan yang ada di kawasan itu sehingga lebih cerah," kata Wali Kota Padang, Hendri Septa dikutip dari Antara.

Menurut dia, pengecatan dimulai dari Klenteng Sie Hien Kiong ke arah Jembatan Siti Nurbaya berupa gedung, rumah, pertokoan hingga jembatan Siti Nurbaya.

Kawasan Kota Tua Padang
(Kawasan Kota Tua Padang, Foto: Rus Akbar/MPI)

"Ini juga merupakan salah satu upaya melestarikan warisan budaya sehingga kunjungan wisata ke Kota Tua dan Jembatan Siti Nurbaya menjadi semakin meningkat," kata dia.

Dirinya memastikan jika keindahan kawasan Kota Tua terjaga maka wisatawan akan ramai berkunjung yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu saat ini pihaknya tengah merancang konsep agar kawasan Kota Tua kian cantik dengan mencari miniatur kereta api lama hingga menyiapkan busana khas tempo dulu.

"Jadi saat berkunjung ke kawasan tersebut bisa diperoleh aura seperti tahun 1800," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Wali Kota juga menyampaikan saat ini pihaknya tengah fokus melakukan pembersihan Sungai Batang Arau yang juga berada di Kawasan Kota Tua Padang.

"Dalam pekan ini akan dilakukan pengerukan sedimen lumpur bekerja sama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera V," ujarnya.

Kawasan Kota Tua Padang

(Kawasan Kota Tua Padang, Foto: Rus Akbar/MPI)

Pada sisi lain ia memaparkan kawasan Kota Tua juga menjadi simbol keberagaman dan toleransi di Kota Padang karena tidak hanya dihuni oleh warga Minang namun juga warga Tionghoa hingga keturunan India.

Adapun pengecatan kawasan Kota Tua dan Jembatan Siti Nurbaya menghabiskan 5.000 liter cat yang dibantu oleh satu satu produsen cat di Indonesia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini