Share

Viral Sopir Catcalling Bule Rusia, Ini 4 Tips Aman dari Pelecehan bagi Turis Asing

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 13 November 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 406 2705631 viral-sopir-catcalling-bule-rusia-ini-4-tips-aman-dari-pelecehan-bagi-turis-asing-GKSBXAaxTQ.jpg Ilustrasi pelecehan (Freepik)

ADA beberapa tips aman dari pelecehan bagi turis asing di tempat wisata. Pelecehan bisa menimpa siapa saja terutama perempuan. Butuh kiat-kiat khusus untuk menghindari pelecehan khususnya di ruang publik seperti tempat wisata.

Baru-baru ini sempat viral kasus pelecehan atau catcalling dilakukan seorang sopir taksi kepada bule wanita asal Rusia di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Pengemudi itu akhirnya dipecat oleh bosnya.

Pelecehan memang bisa dialami turis asing di tempat wisata. Dalam sebuah studi yang dilakukan European Institute of Studies on Prevention pada 2012 mengungkapkan, seseorang memiliki risiko diperkosa delapan kali lebih banyak saat liburan daripada saat di rumah.

 BACA JUGA:Menikmati Wisata Baru Bali Glass Bridge, Jembatan Kaca Pertama di Asia Tenggara

Lalu bagaimana cara dan tips aman agar terhindar dari pelecehan saat berada di tempat wisata, dilakukan bahkan dilakukan oleh turis asing atau wisatawan mancanegara. Berikut ini seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Jangan Pergi Sendirian

Ketika Anda pergi ke suatu tempat yang asing, apalagi perempuan, maka jangan pernah pergi sendirian dan memisahkan diri dari rombongan atau teman-teman.

 

2. Pertajam Firasat

Saat pergi sendirian gunakan insting atau firasat Anda, agar terhindar dari seseorang yang berniat ingin melecehkan. Misalnya saja, Anda curiga sedari tadi ada seseorang yang selalu mengikuti. Maka di sinilah harus lebih waspada.

 BACA JUGA:Yuk Jelajahi Wisata Bersejarah di Kota Palembang, Benteng Tameng Ratu hingga Kawah Tungkep

3. Riset Tempat

Nah ini adalah hal yang sangat penting, di mana sebelum Anda pergi cobalah riset lebih dulu tempat yang akan dituju. Apakah destinasi wisata itu aman dari segala tindak kejahatan atau malah sebaliknya.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Jangan Memancing

Memakai pakaian minim di pantai sudah menjadi hal yang sangat wajar. Akan tetapi tak dipungkiri, jika masih saja ada oknum yang kerap mengambil kesempatan untuk menggoda.

 Ilustrasi

Selain itu, tingkah laku yang kurang menyenangkan bisa memancing seseorang untuk melecehkan Anda.

Pelecehan yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab ini bisa dalam bentuk verbal, maupun fisik. Maka selalu hati-hati, jangan sampai tingkah laku atau perbuatan ketika sedang jadi turis malah memancing perbuatan tidak menyenangkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini