Share

10 Tempat Wisata Bersejarah di Surabaya, Pernah ke Sana?

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 12 November 2022 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 408 2705335 10-tempat-wisata-bersejarah-di-surabaya-pernah-ke-sana-7MScuXy1bb.JPG Kawasan Kota Tua Surabaya, sangat kental aroma kolonial Belanda (Foto: Instagram/@juliaashri.arts)

KOTA Surabaya menjadi saksi atas terjadinya peristiwa 10 November 1945. Di mana saat itu rakyat Indonesia bersikukuh untuk mempertahankan kemerdekaan setelah proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Maka tidak heran jika kota Surabaya dijuluki sebagai kota Pahlawan. Penyematan julukan tersebut sebagai bentuk penghormatan atas terjadinya peristiwa tersebut.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini 10 tempat wisata sejarah di Surabaya yang bisa Anda kunjungi.

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, di mana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.

Monumen Tugu Pahlawan ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan

Berlokasi di Jalan Pahlawan Surabaya, Jawa Timur atau tepatnya dan di dekat dengan Kantor Gubernur Jawa Timur. Dan jadi ikon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

Tugu Pahlawan Surabaya

(Foto: Instagram/@anas_fw)

2. Jalan Gula dan Jalan Karet

Bagi Anda pemburu spot-spot foto vintage, kawasan Jalan Gula dan Jalan Karet Surabaya ini bisa menjadi salah satu rekomendasi, lho. Ketika berada di sini, Anda akan merasakan suasana kolonial yang cukup kental.

Sebagai pengetahuan, Jalan Gula dulunya merupakan pusat pabrik tembakau milik orang Belanda. Sementara di Jalan Karet, pada zaman penjajahan Belanda kawasan tersebut dikenal sebagai pusat perniagaan yang sibuk di Surabaya.

3. Gedung Cerutu

Selanjutnya adalah Gedung Cerutu, berlokasi di Jalan Rajawali Anda akan merasakan suasana zaman dulu ketika berkunjung ke bangunan tersebut.

Dinamakan Gedung Cerutu karena bangunan satu ini begitu unik, memiliki menara menyerupai cerutu rokok. Akan tetapi meskipun namanya demikian, gedung ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan rokok.

4. Hotel Yamato

Masih ingat tentang peristiwa penyobekan bendera Belanda menjadi bendera Merah Putih? Kejadian bersejarah tersebut terjadi di atas Hotel Yamato, dan hingga kini bangunan tersebut masih difungsikan seperti layaknya hotel pada umumnya.

Hotel Yamato

(Foto: ekosaputro287.blogspot.co.id)

Namun seiring berjalannya waktu, Hotel Yamato berganti nama menjadi Hotel Majapahit. Lokasinya berada di Jalan Tunjungan, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

5. Monumen Jenderal Soedirman

Wisata sejarah lainnya di Surabaya adalah Monumen Jenderal Soedirman, berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Seperti diketahui, bahwa Jenderal Soedirman merupakan pahlawan besar Indonesia sekaligus panglima tertinggi Tentara Nasional Indonesia yang pertama.

Guna mengenang jasanya sekaligus memperingati Hari Pahlawan, Monumen Jenderal Soedirman didirikan pada 10 November 1970.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Jembatan Merah

Jembatan merah juga jadi salah satu wisata sejarah yang ada di Surabaya. Dulunya dibangun untuk menghubungkan Surabaya sebelah timur dengan wilayah sebelah barat.

Jembatan ini dibangun sebagai tempat pertahanan para pejuang saat peristiwa pertempuran pemuda Surabaya dengan pasukan Brigjen Mallaby. Kini lokasi tersebut bisa dilintasi sesuka hati, sekaligus mengenang sejarahnya.

7. Penjara Kalisosok

Lalu ada Penjara Kalisosok,tempat ini jadi saksi sejarah peristiwa 10 November 1945. Di mana dulunya merupakan lokasi penahanan tokoh-tokoh penting Indonesia seperti Soekarno, K.H Mas Mansyur, W.R. Soepratman, hingga HOS Tjokroaminoto.

Dinding Penjara Kalisosok

(Foto: Instagram/@dh_geraldus)

Penjara Kalisosok dibangun pada masa Gubernur Jenderal Herman Williams Daendels, penjara yang berdiri pada tahun 1808, hingga kini masih dipertahankan hingga saat ini.

8. Rumah Sakit Darmo

Rumah sakit yang dulunya bernama Soerabaiasche Zieken Verpleging (SZV) ini didirikan pada tahun 1897 oleh pemerintah Belanda.

Dulunya, Rumah Sakit Darmo menjadi markas penting bagi militer Belanda . Saat ini Rumah Sakit Darmo masih ada dengan mempertahankan bangunan khas masa lampau dan menjadi salah satu rumah sakit tertua di Surabaya.

9. Makam Peneleh

Makam Peneleh sudah ada sejak tahun 1814 yang merupakan makam warga Belanda. Areal pemakaman ini memiliki ciri khas pemakaman Eropa dengan gaya gothic.

Apabila masuk ke area pemakaman ini, jangan kaget jika anda melihat banyak patung romawi dan pahatan batu nisan yang masih terlihat jelas.

Makam Peneleh

(Foto: Instagram/@didi_herde)

10. Museum Surabaya atau Gedung Siola

Museum ini dulunya adalah sebuah bangunan perusahaan yang menjual pakaian khas Inggris dengan nama White Laidlaw.

Sejarah menyebutkan bahwa dulu gedung ini menjadi tempat pertahanan para sekutu, namun setelah kemerdekaan gedung ini beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan dan kini Gedung Siola dijadikan sebuah museum.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini