Share

5 Fakta Menarik Patung GWK, Venue Santap Malam Para Delegasi G20

Prisca Arianto, Jurnalis · Minggu 13 November 2022 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 12 408 2706261 5-fakta-menarik-patung-gwk-venue-santap-malam-para-delegasi-g20-FWdOjzKWuI.JPG Patung GWK ikon kebanggaan pariwisata Bali (Foto: Instagram/@pakindro)

GARUDA Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park yang berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali menjadi lokasi jamuan makan malam para delegasi KTT G20.

Taman Budaya Wisnu Kencana (GWK) selama ini merupakan salah satu magnet utama para wisatawan yang berkunjung ke pulau Bali.

Memiliki daya tarik luar biasa, dan diresmikan pada 22 September 2018 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), terdapat sejumlah fakta menarik tentang ikon penting di sana yakni patung GWK yang mungkin belum banyak orang tahu.

Berikut 5 fakta menarik seputar patung GWK, Bali, sebagaimana dikutip dari laman Antara.

1. Sarat makna filosofis

Disebut sebagai Garuda Wisnu Kencana, patung ini menggambarkan salah satu sosok dewa yang tengah menunggangi burung garuda. dan sangat dihormati oleh masyarakat Hindu di Bali, yakni Dewa Wisnu.

Dianggap sebagai Dewa Pemelihara Alam Semesta, patung GWK memiliki makna penyelamat lingkungan dan dunia. Bahkan, sosok garuda adalah perwakilan kebebasan dan pengabdian luar biasa loyal.

GWK Cultural Park

(Foto: Instagram/@pojokjendela)

2. Berada di area suci

Patung ini berdiri gagah di titik pusat kompleks taman GWK, yakni Plaza Wisnu yang dikelilingi air mancur dan sumber mata air suci bernama Parahyangan Somaka Giri.

Mata air suci ini konon tak pernah kering sekalipun musim kemarau. Tempat ini memang disakralkan masyarakat setempat, bahkan diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit berkat kekuatan magis yang luar biasa.

3. Pembangunan memakan waktu 28 tahun

Fakta paling menakjubkan tentang GWK Bali adalah salah satu pematung terkenal di Indonesia yakni, I Nyoman Nuarta yang merupakan pembuat patung GWK.

Lantaran rumit, Nuarta membutuhkan waktu 28 tahun lamanya untuk menyelesaikan patung GWK. Patung setinggi 121 meter itupun baru diresmikan pada 22 September 2018 oleh Presiden Jokowi.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Mengalahkan Patung Liberty

Menjulang tinggi hingga 121 meter, patung GWK bahkan mengalahkan tingginya Patung Liberty yang hanya memiliki tinggi 93 meter, dan menjadi kebanggaan rakyat Amerika Serikat.

Tak heran, jika patung GWK menjadi patung tertinggi ketiga di dunia, setelah Kuil Musim Semi Buddha di China dan patung The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar. Pencapaian ini membuat patung yang berdiri di perbukitan kapur alami ini kian istimewa.

Patung GWK

(Foto: Instagram/@karangadiprana)

5. Melibatkan 1.000 pekerja

Fakta terakhir tentang GWK adalah skala pembangunan yang luar biasa besar. Tercatat sekitar 1.000 pekerja dilibatkan, baik dari Bandung dan Bali. Pemasangan kala itu yang begitu sulit adalah bentang sayap garuda hingga 64 meter ke kanan maupun kiri.

Hasilnya, patung GWK berdiri megah dan memiliki 30 lantai. Tetapi, masyarakat hanya boleh mendaki hingga 23 lantai, ini dikarenakan area Dewa Wisnu dianggap suci.

Tak hanya cantik dilihat dari daratan, Taman GWK juga begitu memesona jika dilihat dari ketinggian lho Okezoners!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini